Mengenal Gajah: Gigi Seri Memanjang Jadi Gading dan Makannya 16 Jam Tiap Hari!

By Dewi Setyawan, Jumat, 17 Maret 2017 | 02:45 WIB
Gajah (http://babies-dangerous-wild-animals.blogspot.co.id/) (Dewi Setyawan)

Hewan apa yang memiliki belalai panjang dan telinga lebar? Gajah. Yuk, kita belajar tentang gajah.

Mamalia Darat Terbesar

Nama ilmiah gajah ialah Loxodonta. Gajah adalah mamalia darat paling besar di Bumi. Gajah berasal dari familia Elephantidae dan ordo Proboscidea.

Dua spesies gajah yaitu gajah Afrika (Loxodonta africana) dan gajah Asia (Elephas maximus). Herbivora berwarna abu-abu ini makanannya rumput, buah, dan akar.

Ukuran gajah 2 sampai 3,6 meter. Gajah memiliki ciri-ciri khusus, yaitu belalai (proboscis), telinga, dan gigi seri (gading).

Predator yang memburu gajah antara lain manusia, hena, harimau, singa, dan macan tutul.

Belalai

Gajah dapat mengatur belalainya dengan baik. Fungsi belalai pada gajah adalah sebagai kaki ekstra, perangkat sinyal, hidung, tangan, alat mengumpulkan makanan, penyedot air dan debu, alat menggali dan berbagai fungsi lain.

Ujung belalai gajah berfungsi seperti ujung jari pada manusia. Selain itu, belalai panjang juga memudahkan gajah untuk menggapai makanan di tempat yang tinggi.

Uniknya lagi, belalai gajah dapat bergerak memutar untuk menghancurkan pohon atau bertarung. Belalai tidak memiliki tulang, tetapi memiliki lebih 150.000 otot dan saraf yang membuatnya sangat fleksibel dan kuat.

Gading

Gading merupakan gigi seri memanjang (tidak ada gigi taring). Sekitar sepertiga dari total panjang mereka terletak tersembunyi di dalam tengkorak.