Sushi, Ada Jenisnya, lo.

By willa widiana, Jumat, 17 Maret 2017 | 07:12 WIB
Nigiri (willa widiana)

Sushi merupakan salah satu makanan Jepang yang terkenal. Di negaranya sendiri, sushi biasanya dikonsumsi saat ada acara atau perayaan tertentu. Tetapi, di negara kita, sushi bisa dikonsumsi kapan saja. Tahukah kamu, kalau sushi itu ada banyak jenisnya?

Nigiri

Nigiri merupakan bola nasi berukuran kecil dengan irisan ikan, kerang, atau udang di atasnya. Selain itu, ada juga yang diberi tuna, belut, cumi, gurita, atau telur goreng. O ya, beberapa jenis seafood yang ada dalam nigiri biasanya mentah, tapi ada juga yang matang, kok.

Gunkan

Kalau sushi jenis ini terdiri dari nasi yang dililit rumput laut kering, sehingga bentuknya seperti mangkuk. Bagian atas gunkan biasanya diberi toping telur ikan atau bulu babi, tapi ada juga yang diberi toping tuna hingga sayuran.

Norimaki

Mungkin kamu sudah tidak asing dengan sushi jenis ini. Norimaki merupakan sushi gulung yang diberi isian sayur, seafood, hingga buah. Di Indonesia, sushi jenis ini sangat mudah di temui, tapi di negaranya sendiri norimaki sushi agak susah ditemui, lo.

Temaki

Kamu pasti pernah menemukan sushi dengan bentuk seperti cone es krim. Ternyata, itu adalah temaki sushi.

Oshizushi

Untuk membuat oshizushi, kita memerlukan box khusus untuk mencetaknya. Jika box khusus itu sudah ada, kita tinggal memasukkan nasi dan bahan tambahan lainnya. Setelah itu, semua bahan yang ada di dalam box akan ditekan dan dipotong-potong.

Inari