Menjaga Hutan Indonesia

By Putri Puspita, Selasa, 21 Maret 2017 | 02:00 WIB
Hutan Indonesia (Foto: http://assets.kompas.com) (Putri Puspita)

Tanggal 21 Maret diperingati sebagai Hari Hutan Sedunia. Bagaimana ya kondisi hutan di Indonesia saat ini?

Hutan

Apakah kamu pernah masuk atau melewati hutan? Hutan merupakan daerah yang luas yang ditumbuhi  pohon-pohon besar. Pepohonan di hutan, umumnya liar. Namun, ada juga yang dibudidayakan. Selain pepohonan, hutan juga menjadi rumah bagi satwa-satwa liar.

Hasil Alam

Hutan banyak sekali membantu kehidupan manusia. Banyak hasil alam yang dapat diambil dari hutan, di antaranya kayu, damar, rotan, dan lainnya. Bahan-bahan mentah ini nantinya diolah untuk menjadi berbagi macam produk yang kita gunakan sehari-hari.

Selain sumber daya alam, hutan juga dapat berfungsi untuk melindungi berbagai tumbuhan dan hewan  dari ancaman kepunahan. Biasanya dibuat cagar alam dan suaka margasatwa.

Lapangan Pekerjaan

Hutan mampu menjadi lapangan pekerjaan. Di kawasan hutan tanaman industri, banyak orang bekerja untuk menebang pohon dan mengolah kayu menjadi bahan bangunan, kertas, dan lainnya.

Namun, penebanga hutan tidak boleh sampai merusak hutan. Ada metode yang disebut “tebang pilih tanam”. Maksudnya adalah pohon yang ditebang adalah pohon yang sudah tua. Sebagai penggantinya ditanamlah pohon baru.

Banjir

Kita sebagai manusia wajib melestarikan dan menjaga kelestarian hutan. Jangan sampai hutan menjadi gundul. Tidak ada tanaman yang melindungi tanah dari erosi dan tanah longsor. Tidak ada tanaman yang melindungi dan menjadi sumber makanan hewan.

Sering kali, manusia berlaku tidak benar, yaitu menebang hutan sembarang. Akibatnya hutan gundul. Ketika hujan daaing, akhirnya banjir pun tidak dapat dihindari.