Apa Bedanya Gunung dan Pegunungan?

By Putri Puspita, Minggu, 21 Januari 2018 | 08:31 WIB
Pegunungan. (Putri Puspita)

Bobo.id - Gunung dan pegunungan adalah dua dari banyak sekali kekayaan alam di Indonesia. Apa perbedaan keduanya?

Gunung

Gunung adalah hamparan tanah yang menjulang lebih tinggi daripada daerah sekitarnya. Gunung lebih tinggi daripada bukit.

Bukit adalah hamparan tanah yang lebih tinggi daripada daerah sekitarnya. Ada gunung yang memiliki satu puncak, seperti gunung berapi. Bisa juga menjadi bagian dari rangkaian pegunungan.

Ukuran ketinggian gunung dinyatakan dengan jarak puncaknya di atas permukaan laut. Tingginya mencapai ribuan meter di atas permukaan air laut.

Pegunungan

Kumpulan atau rangkaian gunung dan bukit disebut pegunungan.

Ketinggiannya lebih dari seribu meter di atas permukaan air laut. Pegunungan dapat berupa daerah gunung berapi. Bisa juga berupa gunung tidak berapi. Contohnya, Pegunungan Jayawijaya, Pegunungan Bukit Barisan, Tengger, Kapuas Hulu, dan sebagainya.

Dalam rangkaian pegunungan kadang terdapat gunung yang masih aktif. Contohnya, Gunung Merapi di Jawa Tengah, Gunung Semeru di Jawa Timur, dan Gunung Tambora di Nusa Tenggara Barat.

Iklim

Daerahnya gunung dan pegunungan beriklim dingin. Makin tinggi, semakin dingin udaranya. Makin tinggi gunung, makin jarang orang yang tinggal di sana.

Biasanya gunung menjulang di atas permukaan. Namun ada yang berada di bawah permukaan air laut. Beberapa di antaranya muncul di permukaan air dan membentuk pulau-pulau terkecil. Contohnya, Gunung Krakatau di Selat Sunda.