Dari Zaman Prasejarah ke Zaman Sejarah

By Putri Puspita, Jumat, 19 Januari 2018 | 08:31 WIB
Ilustrasi lukisan Zaman Batu. (Putri Puspita)

Bobo.id - Setiap bangsa berbeda dalam memasuki zaman. Semua tergantung masa ditemukannya tulisan. Dikenalnya tulisan menjadi awal perubahan zaman di dunia.

Zaman Prasejarah

Zaman prasejarah adalah zaman manusia belum mengenal tulisan. Peninggalan zaman ini adalah alat-alat kehidupan. Di antaranya kapak, anak panah, dan lainnya.

Dari peninggalan ini, para ahli membagi menjadi dua zaman, yaitu zaman batu dan zaman logam.

Pada zaman batu, alat-alat yang digunakan sebagian besar dari batu.

Peninggalan yang ditemukan, di antaranya Alat-alat batu (kapak persegi, kapak lonjong, beliung persegi), Arca batu, Waruga, kubur batu berbentuk kubus, Menhir, tugu batu untuk pemujaan roh nenek moyang.

Pada  zaman logam, alat-alat yang digunakan sebagian besar terbuat dari logam.

Peninggalan yang ditemukan, di antaranya Kapak corong dan kapak yang sangat kecil (candrasa), Perhiasan dari perunggu, besi, dan emas, Arca perunggu.

Zaman Sejarah

Zaman sejarah ialah zaman dimana manusia sudah mengenal tulisan. Dimulai sejak manusia mengenal tulisan sampai sekarang. Begitu panjang dan sangat lama.

Banyak sekali peristiwa dan kejadian yang terjadi. Berhubung sudah mengenal tulisan, banyak peninggalan tertulis, seperti kitab dan prasasti.

Peninggalan-peninggalan

Bukti-bukti peristiwa di masa lampau, disebut peninggalan sejarah. Bukti itu harus mempunyai makna dan mampu mengungkap sesuatu yang pernah terjadi pada masa lalu.