Danau Sentarum, Danau Berlimpah Ikan

By Sigit Wahyu, Selasa, 21 Maret 2017 | 05:45 WIB
Menjala ikan di Danau Sentarum. Foto: Ricky Martin | Bobo.ID (Sigit Wahyu)

Arowana, belida, lais, jelawat, patin, dan toman. Semua ikan ada di danau ini. Danau Sentarum adalah danau berlimpah ikan.

Bukan Danau Wisata

Danau Sentarum bukan danau wisata. Danau Sentarum adalah  sebuah taman nasional. Tidak sembarang orang boleh mamasuki kawasan ini.

Untuk memasuki wilayah Taman Nasional Danau Sentarum, diperlukan izin khusus dari Kepala Taman Nasional Danau Sentarum yang berkantor di Sintang, Kalimantan Barat. Selain lewat Sintang, perjalanan ke Sentarum juga bisa ditempuh melalui Putussibau.

Kumpulan Danau Kecil

Danau Sentarum sangat unik karena merupakan kumpulan dari danau-danau kecil, seperti Danau Luwar, Danau Genati, Danau Sumbai, Danau Kelulut, Danau Raba, dan lainnya.

Saat musim hujan, danau-danau ini akan meluap, sehingga airnya menyatu menjadi danau besar yang disebut Danau Sentarum.

Berlimpah Ikan

Pada saat kemarau, air danau akan mengalir ke Sungai Kapuas, sehingga air di danau-danau akan surut, bahkan kering. Ikan-ikan pun berkumpul di danau-danau kecil dan lubuk-lubuk yang masih terisi air.

Bagi penduduk yang tinggal di sekitar danau, musim kemarau menjadi bulan-bulan berlimpah  ikan. Mau memancing, memasang bubu, atau menebar jala, ikan pasti didapat.

Tak heran, pada musim kemarau, rumah-rumah lanting yang dibangun di pinggir danau tampak dipenuhi jemuran ikan.

Nelayan