6 Fakta Pisang yang Luar Biasa. Ternyata Budidaya Pisang Lebih Dulu dari Padi!

By Putri Puspita, Senin, 27 Maret 2017 | 07:09 WIB
Buah Pisang (http://www.altundo.com) (Putri Puspita)

Pisang mengalami perjalanan dan sejarah panjang yang dimulai dari hutan di Asia Tenggara hingga menjadi salah satu buah paling populer di dunia. berikut ini beberapa fakta penting soal pisang.

1. Buah Pertama yang Dibudidayakan

Para ahli berpendapat bahwa buah ini merupakan yang pertama dibudidayakan oleh manusia dan mendahului budidaya padi. Budidaya pisang diyakini pertama kali dilakukan di dataran tinggi Papua Nugini.

2. Catatan Kitab-Kitab Kuno

Bukti tertulis paling awal tentang keberadaan pisang ditemukan dalam tulisan-tulisan Buddhis Pali dari abad ke-6 SM, yang menunjukkan bahwa buah tersebut telah mencapai India saat itu.

Pisang juga disebutkan dalam berbagai kitab-kitab kuno Hindu, Cina, Islam, dan Yunani. Bukti budidaya pisang juga ditemukan di kekaisaran Romawi selama tahun 63-14 SM.

Antonio Musa, dokter Kaisar Romawi Octavius Agustinus adalah orang yang mendorong budidaya pisang di kekaisaran Romawi.

3. Perjalanan Pisang di Eropa

Pada tahun 327 SM, Alexander Agung dan pasukannya menemukan pisang selama ekspedisi mereka ke wilayah Laut Tengah. Kemudian, dengan bantuan penakluk Islam, pisang mencapai Madagaskar dan Palestina.

Pisang kemudian melanjutkan perjalanan melalui pelaut Portugis yang membawa pisang ke Eropa dari Afrika Barat pada awal abad ke-15.

Pada tahun 1482, pisang dibawa oleh para penjelajah Portugis ke Canary Island dan Hindia Barat. Penjelajah Portugis dan Spanyol juga berjasa menyebarkan pisang ke kawasan Karibia dan Amerika.

4. Sampai di Amerika