Galaksi Andromeda, Galaksi Tetangga Bima Sakti

By Lita Maha, Rabu, 29 Maret 2017 | 11:39 WIB
Galaksi Andromeda, Galaksi Tetangga Bima Sakti. (foto : NASA JPL) (Lita Maha)

Galaksi Bima Sakti tidak sendirian di alam semesta ini. Ada juga galaksi-galaksi lain. Salah satunya adalah tetangganya, Galaksi Andromeda.

Yang Terdekat

Galaksi Andromeda adalah galaksi yang terdekat dengan galaksi kita, Galaksi Bima Sakti.

Berapa jarak antara Galaksi Andromeda dan Bumi? Galaksi Andromeda berjarak 2,5 juta tahun cahaya dari Bumi.

Spiral dan Bintang

Galaksi Andromeda berbentuk spiral, sama seperti bentuk galaksi kita, Galaksi Bima Sakti. Diameter spiralnya diperkirakan 220.000 tahun cahaya. Itu berarti Galaksi Andromeda ukurannya 2 kali lebih besar daripada Galaksi Bima Sakti. 

Galaksi Andromeda terdiri atas gas, debu-debu, dan bintang-bintang. Jumlah bintangnya lebih banyak daripada Galaksi Bima Sakti. Diperkirakan ada triliunan bintang di sana. 

Siapa Penemunya?

Galaksi Andromeda pertama kali ditemukan oleh Bapak Abd-al-Rahman al-Sufi. Beliau adalah seorang ahli astronomi dari Iran.

Bapak Abd-al-Rahman al-Sufi menulis buku tentang bintang-bintang pada tahun 964. Dalam buku itu, beliau menulis tentang sebuah awan kecil. Nah, awan kecil itu ternyata adalah Galaksi Andromeda.  

Urutan ke-31

Galaksi Andromeda juga disebut M31. Apa itu maksudnya? Begini, Galaksi Andromeda merupakan salah satu benda antariksa yang diteliti Bapak Charles Messier. Beliau adalah ahli astronomi dari Prancis yang hidup pada tahun 1730 sampai dengan tahun 1817.