Detektif, Si Penyelidik

By Sylvana Toemon, Jumat, 31 Maret 2017 | 10:10 WIB
Detektif si penyelidik (Sylvana Toemon)

Siapa yang suka membaca cerita detektif?  Cerita detektif memang membuat kita jadi dag dig dug penasaran.

Cerita Terkenal

Cerita detektif adalah salah satu cerita yang terkenal sepanjang masa. Coba tanyakan orang tuamu atau kakek nenekmu. Mereka pasti mengenal cerita detektif. Paman Dick Selidik, salah seorang paman Bobo ada juga yang menjadi detektif. Apakah kamu juga ingin menjadi detektif?

Penyelidik

Detektif adalah orang yang melakukan penyelidikan terhadap suatu misteri. Yang diselidiki adalah hal-hal yang masih tersembunyi atau misteri. Detektif menyelidiki berdasarkan fakta, petunjuk, dan juga pengetahuan yang luas untuk menyimpulkan sesuatu. Pengetahuan yang kita perlukan tidak hanya yang dipelajari di sekolah, lo. Kita juga perlu tahu sifat manusia, budaya, dan berbagai pengetahuan lainnya.

Selalu Ingin Tahu

Selain kecerdasan, seorang detektif juga perlu memiliki keingintahuan yang besar. Apa yang terlihat belum tentu apa yang sebenarnya terjadi. Untuk mencari tahu lebih banyak dapat dilakukan dengan wawancara, pengamatan, membaca, dan mencari informasi dari internet, dan lain-lain.

Pengamat yang Baik

Pengetahuan baru juga bisa didapat lewat pengamatan. Semua detektif yang hebat adalah pengamat yang baik. Selain mengamati yang kelihatan, juga mengamati yang tidak terlihat. Ada banyak hal yang baru terlihat di bawah kaca pembesar dan mikroskop.

Orang yang Sabar

Ada kalanya suatu misteri tidak dapat langsung terungkap. Seorang detektif harus menunggu cukup lama. Misalnya saja misteri cahaya aneh saat hujan lebat. Seorang detektif harus sabar menunggu sampai hujan lebat turun.

Hati-Hati dan Teliti