Yuri Gagarin, Manusia Pertama di Ruang Angkasa

By Lita Maha, Jumat, 31 Maret 2017 | 10:39 WIB
Pak Yuri Gagarin, astronaut pertama yang meluncur ke ruang angkasa. (foto : istimewa) (Lita Maha)

12 April 1961 adalah hari yang bersejarah bagi Bapak Yuri Gagarin. Pada hari itu, ia menjadi manusia pertama di ruang angkasa.

Anak Tukang Kayu

Bapak Yuri Alekseyevich Gagarin lahir pada tanggal 9 Maret 1934 di Desa Klushino, Smolensk, Rusia. Ia adalah anak ketiga dari empat bersaudara. 

Keluarga Pak Yuri Gagarin adalah keluarga yang sederhana. Ayahnya seorang tukang kayu. Ibunya bekerja di peternakan sebagai pemerah susu sapi.

Pak Yuri Gagarin hidup di zaman Perang Dunia II. Desanya pernah dikuasai pasukan Jerman. Pak Yuri Gagarin dan keluarganya diusir dari rumahnya. Mereka lalu tinggal di lubang di bawah tanah.

Sekolah dan Terbang  

Setelah pasukan Jerman menyerah, keluarga Pak Yuri Gagarin pindah ke kota kecil, Gzhatsk. Ia pun dapat melanjutkan sekolahnya kembali. Pada umur 16 tahun, ia pindah ke Moskow dan ke Saratov untuk sekolah di bidang pengecoran logam.

Di Saratov, Pak Yuri Gagarin ikut klub pesawat terbang. Di sinilah, awalnya, ia mengenal terbang di angkasa. Dari klub pesawat terbang itu, Pak Yuri Gagarin lalu melanjutkan sekolah di Akademi Angkatan Udara Rusia. Setelah lulus, ia menjadi pilot pesawat tempur.  

Kosmonaut Pertama Rusia  

Di Rusia, astronaut disebut kosmonaut. Nah, Pak Yuri Gagarin terpilih di antara 19 calon kosmonaut Rusia pada tahun 1960. Maka, resmilah Pak Yuri Gagarin menjadi kosmonaut pertama Rusia.

Manusia Pertama di Ruang Angkasa

Pada tanggal 12 April 1961, jam 09.07 waktu Rusia, meluncurlah Pak Yuri Gagarin ke ruang angkasa pada umur 27 tahun. Ia menjalankan misi mengelilingi Bumi satu kali, dalam waktu 108 menit.