7 Tips Menghemat Baterai Telepon Pintar

By Aisha Safira, Kamis, 6 April 2017 | 06:18 WIB
Inilah tips menghemat baterai telepon pintar. Foto: mashable.com (Aisha Safira)

Bagi kamu yang sudah menggunakan telepon pintar, pasti tidak suka kan, kalau baterainya cepat habis? Paul Shearing seorang insinyur kimia dari Universty College London mempunyai beberapa tips, nih! 7 tips ini dapat kamu praktikkan untuk menghemat baterai telepon pintarmu, lo!

1. Jangan Lupa Matikan Aplikasi

Aplikasi yang terus menyala akan menyerap banyak daya dari telepon pintar. Jika dibiarkan terus menerus maka baterainya akan cepat habis. Jadi, jangan lupa untuk mematikan aplikasi di telepon pintarmu ya, kalau sudah selesai digunakan!

2. Layarnya Jangan Terlalu Cerah

Telepon pintar yang layarnya terlalu cerah selain dapat merusak mata juga dapat menghabiskan baterai. Nah, kamu dapat mengubah kecerahan layarmu menjadi otomatis agar lebih hemat. Kamu juga bisa meredupkan layar telepon pintarmu secara manual lewat pengaturan. 

3. Tidak Usah Munculkan Notifikasi

Notifikasi sosial media atau email biasanya muncul terus menerus setiap hari. Jika ingin menghemat baterai, sebaiknya kamu mematikan semua notifikasi tersebut. Setiap muncul notifikasi, layar akan menyala. Otomatis daya teleponmu akan terserap oleh munculnya notifikasi tersebut.

4. Mau Internet-an? Pakai Saja Wi-Fi

Kalau kamu suka menggunakan akses internet, gunakan saja Wi-Fi. Koneksi Wi-Fi akan lebih hemat dibanding menggunakan jaringan data.

5. Aktifkan  Power Saving Mode

Telepon pintar biasanya mempunyai Power Saving Mode alias Mode Hemat Daya. Mode ini dapat kamu aktifkan setiap saat jika ingin menghemat baterai. Mode ini dapat membuat bateraimu tahan seharian!

6. Matikan Bluetooth Kalau Tidak Dipakai

Jika kamu masih menggunakan bluetooth, nyalakan hanya saat dibutuhkan. Jika tidak, matikan saja karena bluetooth juga dapat membuat baterai cepat habis.

7. Matikan Pendeteksi Lokasi

Telepon pintar mempunyai pedeteksi lokasi. Jadi, teleponmu dapat secara otomatis mendeteksi lokasimu. Akan teapi, ini juga akan menghabiskan baterai dengan cepat. Sebaiknya, gunakan GPS (Global Positioning System) pada aplikasi tertentu saja. Kalau tidak digunakan, matikan saja.

Nah, sudah tahu kan 7 tips untuk menghemat baterai telepon pintarmu? Beritahu juga ya ke teman-teman dan orang tuamu. Semoga bermanfaat!