Tango, Tarian Bersemangat Asal Argentina

By Danastri Permata Putri, Jumat, 7 April 2017 | 01:43 WIB
Sumber foto: stardanceschool.com (Danastri Permata Putri)

Tarian ini terkenal dengan gerakannya yang dinamis. Selain dapat membuat penari dan penontonnya semangat, ternyata tarian tango juga bermanfaat bagi kesehatan.

Dari Amerika Latin

Tango adalah jenis tarian yang lahir sekitar pertengahan tahun 1800. Tango sendiri berasal dari bahasa Latin tangere yang artinya menyentuh. Tarian ini berasal dari Argentina. Tango berasal dari kelas bawah di kota Buenos Aires & Montovideo di Rio de La Plata.

Bagian dari upacara

Tarian Tango awalnya adalah kebiasaan, kepercayaan, dan bagian dari upacara masyarakat kelas bawah, bekas budak Afrika, penduduk asli Rio de La Plata. Tarian ini juga merupakan bagian dari budaya imigran Eropa di wilayah tersebut. Ritual dan kebiasaan tersebut kemudian digabungkan dan diubah menjadi identitas budaya yang khas, yakni tarian modern bernama tango.

Menjadi tarian bergengsi

Tango dibawakan oleh pasangan laki-laki dan perempuan. Seni tari ini cepat popular di masyarakat. Para penari Argentina yang bepergian ke Eropa menyebarkan tarian ini untuk pertama kali. Tango menyebar di pinggiran kota dan daerah kumuh Eropa terutama pada imigran Italia, Spanyol dan Prancis.

Di Amerika, tarian ini dibawakan pertama kali di kota New York, pada akhir tahun 1913. Di Buenos Aires, tango merupakan tarian rakyat golongan kelas bawah. Namun sekarang tango menjadi demikian terkenal dan merupakan tarian bergengsi di ballroom.

Musik pengiring

Musiknya biasanya terdiri dari 16 atau 32 ketukan, dengan irama yang seakan berderap. Musik pengiring tarian ini pada awalnya hanya terdiri dari gitar, biola, dan flute. Kemudian sebuah alat musik dari Jerman & Bandoneon menjadi pengiring tango. Perpaduan keempat alat musik ini yang sekarang menghasilkan suara khas musik tango.

Berkembang

Tango terdiri dari berbagai gaya yang berkembang di berbagai daerah dengan menggabungkan beberapa unsur, seperti budaya dan fashion. Tarian tango yang cantik sangat didukung oleh busana penari yang nyaman. Dengan busana tersebut, penari tango dapat bergerak bebas dan tetap terlihat elegan.