6 Objek Wisata untuk Mengenang Tsunami Aceh

By willa widiana, Jumat, 7 April 2017 | 02:31 WIB
6 Objek Wisata untuk Mengenang Tsunami Aceh (willa widiana)

Kamu pasti tahu peristiwa tsunami Aceh! Karena kejadian 26 Desember 2004 itu, banyak penduduk yang meninggal. Selain itu banyak bangunan yang rusak. Nah, bagi kamu yang ingin mengetahui dampak bencana tersebut mungkin bisa mengunjungi 6 objek wisata ini untuk mengenang tsunami Aceh.

1. Museum Tsunami Aceh

Museum ini dirancang oleh Bapak Ridwan Kamil. Ada yang kenal? Museum yang diresmikan pada 2008 ini berada di tengah Banda Aceh. Tepatnya di Jalan Iskandar Muda, Banda Aceh. Museum ini berisi foto-foto keadaan Banda Aceh setelah terkena tsunami.

Selain itu, di museum ini juga terdapat tempat yang berisikan nama korban tsunami aceh dan masih banyak lagi.

2. Monumen Aceh Thanks to the World

Saat terjadi Tsunami Aceh, banyak sekali bantuan yang datang. Mulai dari dalam negeri hingga luar negeri. Bantuan tersebut datang dari pribadi, LSM, Militer, hingga perusahaan swasta. Nah, sebagai ucapan terima kasih, dibangunlah Monumen Aceh Thanks to the World. Monumen ini berada di Lapangan Blang Padang.

3. PLTD Apung

Tsunami Aceh menyeret sebuah Kapal PLTD (Pembangkit Listrik Tenaga Diesel). Kapal tersebut terseret sejauh lima kilometer dari Pantai Ulee Lheue. Hingga akhirnya terdampar di Gampong Punge Blang Cut, Kota Banda Aceh. Padahal, kapal tersebut mempunyai panjang 63 meter dan berat 2.600 ton. Hmm... bisa dibayangkan bukan betapa kuatnya gelombang tsunami tersebut?

4. Kapal Apung Lampulo

Selain Kapal PLTD, tsunami Aceh juga menyeret Kapal Apung Lampulo. Itu merupakan sebuah kapal nelayan yang terbawa gelombang tsunami, hingga akhirnya terdampar di atas salah satu rumah warga. Kapal tersebut mendarat di lantai dua Rumah Ibu Abasiah.

Tempat ini berada di Gampong Lampulo, Kecamatan Kuta Alam, Banda Aceh. Ini merupakan salah satu tempat dengan dampak terparah saat tsunami.

5. Masjid Raya Baiturrahman