Tempat Menarik di Ambon

By willa widiana, Jumat, 7 April 2017 | 02:49 WIB
Benteng Amsterdam (willa widiana)

Teman-teman ada yang pernah mengunjungi Kota Ambon? Yap, kota yang mendapat julukan Ambon Manise ini ternyata mempunyai beberapa tempat menarik, lo. Selain menarik, beberapa tempat itu juga punya nilai sejarah. Apa saja, ya, tempat menarik yang ada di Ambon itu?

Benteng Amsterdam

Tempat ini terletak di Desa Hila, Leihitu. Benteng ini menjadi salah satu saksi bisu pendudukan Belanda di sana. Yap, Ambon menjadi salah satu markas Belanda pada zaman penjajahan dulu. Bahkan, saat ini banyak warga ambon keturunan Belanda.

Anjungan Ambon Manise

Di sini kamu akan menemukan dua kata, yakni "Ambon Manise". Nah, kedua kata itu berada di dekat kantor Balai Kota Ambon dan Lapangan Merdeka. Jika berkunjung ke sana, maka sempatkanlah untuk berfoto dengan tulisan itu.

Patung Pattimura

Kamu tahu pahlawan yang ada di uang pecahan Rp.1000 lama? Nah, beliau itu adalah Pattimura. Di Ambon ada patungnya, lo. Patungnya dibuat seperti orang yang sedang berdiri sambil mengacungkan pedangnya. O ya, lokasi ini berada di Pattimura Park yang masih bersebelahan dengan Lapangan Merdeka.

Gong Perdamaian

Kamu pasti sudah tahu dengan Gong kan? Yap, itu merupakan salah satu alat yang ada di dalam gamelan. Nah, Gong Perdamaian ini tak hanya berada di Ambon, tapi juga ada di kota Yogyakarta, Kupang, dan Ciamis. Gong Perdamaian ini diciptakan karena adanya konflik yang berhubungan dengan Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan (SARA).

Gereja Silo

Tempat ini berada di sebuah perempatan jalan yang juga berdekatan dengan Tugu Trikora. Ada yang unik di gereja ini, yakni ada simbol salib dan sebuah ayam hinggap di dua pucuk menara gereja. Sekilas teringat dengan negara Perancis, ya.

Pantai Nastepa