Forbidden City, Istana Terbesar di Dunia yang Memiliki 9.999 Kamar

By Danastri Permata Putri, Minggu, 9 April 2017 | 08:44 WIB
Forbidden City, Foto: katherinebelarmino.com (Danastri Permata Putri)

Jika mau mengelilingi Kota Terlarang, kita harus menyiapkan tenaga yang banyak. Yup, karena ini adalah istana terbesar dan terluas di dunia!

Istana terbesar

Forbidden City atau Kota Terlarang merupakan istana peninggalan kerajaan Dinasti Ming dan Dinasti Qing. Istana ini terletak di tengah-tengah kota kuno Beijing. Forbidden City merupakan istana terbesar di dunia. Luasnya mencapai 720.000 meter persegi. Selama hampir 500 tahun, Forbidden City merupakan rumah bagi kaisar dan merupakan pusat politik dari pemerintahan.

Banyak kamar

Istana ini dibangun pada tahun 1406-1420. Wilayah ini terdiri dari 980 bangunan dan 9.999 kamar. Wah, banyak sekali, ya! Kompleks istana menggunakan arsitektur megah tradisional, dan telah mempengaruhi perkembangan budaya dan arsitektur di Asia Timur dan di tempat lain.

Sembilan zona

Forbidden City terbagi menjadi sembilan zona. Mulai dari ruang tunggu hinga ruang permaisuri dan perpustakaan. Kita harus menyiapkan tenaga yang banyak untuk berkeliling menikmati istana ini. Karena sebelum memasuki istana, kita akan melewati lapangan atau alun-alun terbesar di dunia yang disebut dengan Tian An Men.

Jembatan raja

Setelah memasuki pintu gerbang Forbidden City, ada sebuah bangunan yang terdiri dari lima jembatan. Jembatan di tengah hanya boleh dilewati raja. Sedangkan jembatan di sisi kiri dan kanan dilewati oleh kerabat kerajaan. Sedangkan bagi yang tidak memiliki hubungan dengan raja, harus melewati jembatan yang berada di sisi paling luar. Di tiap bangunan, tangga untuk raja terbuat dari giok putih.

Istana dalam

Karena raja pada waktu itu memiliki 40 ribu permaisuri, maka Forbidden City memiliki istana dalam. Di sini adalah pusat mengatur rumah tangga kerajaan. Sejak 1925, Forbidden City telah menjadi Museum Istana, yang ekstensif dengan koleksi karya seni dan artefak dibangun atas koleksi kekaisaran Ming dan dinasti Qing.

Warisan dunia