Mi Tarempa, Olahan Mi Lezat Asal Kepulauan Riau

By Petronela Putri, Senin, 10 April 2017 | 09:27 WIB
Foto: tribunnews.com (Petronela Putri)

Jika kamu sedang mampir atau berlibur ke Kepulauan Riau, ada satu kuliner lezat yang wajib dicoba. Namanya mi tarempa. Kamu juga bisa memilih antara mi tarempa siput atau daging sapi. Seporsi mi tarempa ini bisa kamu dapatkan seharga belasan ribu rupiah saja, lo. Nyam!

Olahan mie tarempa

Mi tarempa adalah sebuah kuliner yang berasal dari daerah bernama Tarempa, Kabupaten Anambas di provinsi Kepulauan Riau. Mi ini diolah sendiri dengan tepung serta telur. Kalau kamu merasa tidak cukup dengan mi tarempa biasa, kamu bisa juga mencoba tambahan daging sapi atau siput.

Jenis hidangan mi tarempa

Sama seperti jenis mi lainnya – mi Aceh misalnya, mi tarempa ini juga terbagi atas beberapa jenis. Ada mi tarempa kering, basah, dan lembab. Seporsi mi tarempa biasa umumnya berisi ikan, telur, dan tambahan sayur toge.

Minuman segar sebagai teman makan mi

Makan rasanya kurang lengkap kalau tidak memesan minuman. Di kedai-kedai mi Tarempa yang banyak dijumpai Batam serta Tanjungpinang, kamu bisa mencoba beberapa jenis minuman seperti teh obeng dan teh tarik. Teh obeng atau yang disebut juga teh openg ini merupakan minuman favorit bagi masyarakat setempat. Sedangkan teh tarik di sini kurang lebih sama seperti teh tarik pada umumnya, yaitu campuran teh dengan susu.

Luti gendang, camilan gurih isi abon

Jika kamu masih merasa lapar, ada juga camilan gurih yang bisa disantap usai makan mie tarempa. Namanya luti gendang. Luti gendang adalah camilan sejenis roti goreng yang berisi abon.

Harga

Untuk menikmati seporsi mie tarempa, kamu hanya perlu membayar sekitar Rp 13.000,- hingga Rp 18.000,- tergantung jenis mi apa yang kamu pesan, serta pilihan dagingnya. Sepotong luti gendang gurih dipatok seharga Rp 2.500,- dan minuman antara Rp 4.000,- sampai Rp 6.000,- saja.

Nah, teman-teman tertarik mencobanya?