7 Hewan Ini Punya Kebiasaan Tidur yang Unik

By Aisha Safira, Selasa, 11 April 2017 | 05:42 WIB
7 hewan ini punya kebiasaan tidur yang unik lo! Foto: pinterest.com (Aisha Safira)

Manusia biasanya tidur dengan mata tertutup. Waktu tidur manusia yang normal adalah sekitar tujuh sampai delapan jam per hari. Kalau hewan punya kebiasaan tidur yang berbeda dari manusia. Bahkan jenis hewan yang satu mempunyai kebiasaan tidur berbeda dengan yang lain. Ada 7 hewan nih yang punya kebiasaan tidur unik. Seperti apa sih kebiasaan tidur mereka?

1. Lumba-lumba

Hewan pintar ini juga mempunyai cara tidur yang unik. Lumba-lumba bisa berenang dalam keadaan setengah tertidur. Rupanya sebagian otak lumba-lumba bisa tertidur. Mereka bisa tidur nyenyak karena mempunyai gelombang otak non-REM (Rapid Eye Movement). Gelombang ini sama seperti manusia ketika sedang tidur. Sementara sebelah otaknya tertidur, sebelahnya lagi tetap terbangun.

2. Kelelawar

Kalau kelelawar punya posisi tidur yang unik. Mereka tidur dalam posisi tergantung dengan kepala di bawah. Jadi kalau ada pemangsa yang mendekat mereka bisa langsung terbang untuk menyelamatkan diri. Hewan ini juga hanya menutup sebelah matanya saat tidur.

3. Platypus

Platypus juga tidak kalah lama waktu tidurnya dengan kucing. Hewan ini bisa tidur selama 14 jam sehari. Uniknya, platypus tidur dengan gerakan yang sama seperti saat ia mencari mangsa. Hal ini dilakukan supaya tidak ada pemangsa yang mendekat saat ia tidur.

4. Albatros

Salah satu spesies burung ini bisa tidur sambil terbang, lo! Bagaimana tidak, albatros harus terbang menempuh jarak ribuan kilometer. Saat tidur, ia tidak harus mengepakan sayapnya. Albatros cukup membentangkan sayapnya dan terbang mengikuti arah angin.

5. Nectarinia famosa

Ada satu lagi burung yang mempunyai kebiasaan tidur unik, yaitu Nectarinia famosa. Ketika tidur, burung ini menunjukan bulu yang berwarna kuning terang. Tujuannya adalah agar tidak ada pemangsa yang memburunya di malam hari. Bulu kuningnya akan tampak seperti mata hewan besar di malam hari.

6. Sapi dan kuda