Kucing Mengonsumsi Tanaman Herbal untuk Menyembuhkan Penyakit

By Petronela Putri, Jumat, 14 April 2017 | 13:07 WIB
Kucing mengonsumsi tanaman hijau (Foto: meowmagz.com) (Petronela Putri)

Teman-teman punya kucing di rumah? Cobalah menanam beberapa tanaman yang tidak beracun atau tidak berbahaya bagi tubuh si meong. Sebab, ternyata seekor kucing punya kebiasaan mengonsumsi tanaman ketika sedang stres atau sakit.

Tanaman baik untuk kucing

Jika selama ini teman-teman mengira kucing hanya mengonsumsi ikan, daging, atau makanan kaleng, ternyata tidak juga, lo! Kucing juga mengonsumsi tanaman-tanaman hijau tertentu. Fungsi tanaman ini juga beragam; dari menghilangkan stres pada kucing hingga mengobati penyakit gangguan pencernaan.

Teman-teman bisa menyisakan sedikit ruang di kebun depan rumah untuk menanam aneka tanaman herbal untuk si kucing kesayangan. Sebab, tanaman herbal termasuk tanaman yang cukup mudah tumbuh dan perawatannya tidak sulit.

Tetap awasi agar kucing tidak salah makan

Kucing memang mengonsumsi tanaman hijau untuk kesehatan mereka, teman-teman. Tapi, awas, jangan sampai kucing kesayanganmu malah salah makan dan mengonsumsi tanaman yang beracun hingga kemudian malah membahayakan tubuhnya sendiri.

Dan untuk berjaga-jaga, jangan sampai ada tanaman yang sekiranya beracun dalam jangkauan si kucing. Pastikan kucingmu tetap sehat dengan memberinya makanan yang sehat pula.

Tanaman yang disukai kucing

Catnip merupakan salah satu tanaman yang baik untuk kucing dan rata-rata kucing menyukai tanaman ini. Catnip bisa menghilangkan stres pada kucing, dan juga mengobati gatal-gatal. Konon, kucing akan menjadi sangat senang jika mengonsumsi tumbuhan bernama catnip ini.

Ada lagi jenis tanaman lain bernama Valerian. Jika Catnip bisa menghilangkan stress, maka Valerian bisa membuat tidur kucing menjadi lebih tenang dan nyenyak. Sedikit tambahan lain, Valerian bisa membuat kucing kesayanganmu menjadi lebih aktif dan ceria juga, lo! Hihi.

Rajin konsultasi ke dokter hewan

Selain kedua tanaman di atas, sebenarnya masih ada banyak lagi jenis tanaman yang disukai kucing. Meski kamu bisa menanamnya sendiri di rumah, namun tetap waspada dan berhati-hati memberikan makanan pada kucing ya, teman-teman. Sebab tidak semua kucing memiliki tingkat daya tahan tubuh yang sama.

Jangan lupa konsultasi ke dokter hewan secara teratur untuk memastikan kucingmu tetap sehat.