Kupu-kupu Ternyata Memiliki Banyak Mata

By Petronela Putri, Rabu, 19 April 2017 | 00:28 WIB
Foto: niksukacita.com (Petronela Putri)

Apa saja fakta yang teman-teman ketahui tentang kupu-kupu? Selain melakukan metamorfosis dan memiliki sayap yang indah, kupu-kupu ternyata juga memiliki ribuan mata, lo!

Terdiri dari banyak spesies

Kupu-kupu yang termasuk ke dalam golongan serangga bersisik ini memiliki banyak jenis atau spesies. Ada kurang lebih 600 spesies kupu-kupu di Jawa dan Bali. Kupu-kupu pada umumnya memiliki sayap yang indah, dan tidak berbahaya bagi manusia, sehingga hewan ini cukup disenangi.

Siklus hidup

Siklus hidup kupu-kupu juga berbeda-beda, lo! Mulai dari yang pendek yaitu hanya seminggu, sampai dengan yang hidup nyaris setahun penuh. Kupu-kupu juga bisa bertelur lebih dari sekali dalam satu tahun, hal ini dipengaruhi oleh iklim tempat kupu-kupu tersebut berada.

Selain itu, kupu-kupu juga biasa mengalami metamorfosis sempurna, mulai dari bentuk telur menjadi ulat, berubah menjadi kepompong, sebelum akhirnya menjadi kupu-kupu seperti yang kita kenal.

Memiliki mata majemuk

Kupu-kupu bisa memiliki mata hingga ribuan. Oleh karena itu, mata-mata ini disebut juga sebagai mata majemuk. Bentuk matanya seperti belahan bola di bagian atas kepala.

Sayap transparan

Sayap kupu-kupu sebenarnya transparan, lo, teman-teman! Karena kecerahan tiap lapisan sayapnya berbeda, jadi kupu-kupu tampak memiliki sayap yang berwarna-warni.

Cara makan kupu-kupu

Makanan kupu-kupu adalah nektar atau sari pada bunga. Tidak hanya itu, beberapa kupu-kupu juga menyukai cairan dari buah busuk yang jatuh ke tanah, dan sebagainya. Jadi, banyak atau tidaknya persediaan makanan di suatu tempat juga berpengaruh terhadap kehadiran kupu-kupu di tempat tersebut.