Jangan Disentuh, Bulu Ulat Kucing Ini Sangat Berbahaya!

By Yomi Hanna, Selasa, 25 April 2017 | 03:02 WIB
Ulat kucing yang beracun. (Foto: firsttoknow.com) (Hanna Vivaldi)

Ulat adalah hewan bertubuh kecil yang merupakan tahap larva dari ordo Lepidoptera yang terdiri dari kupu-kupu dan ngengat.

Ulat bulu yang menyebabkan gatal-gatal

Hewan ini biasanya memakan tumbuh-tumbuhan (herbivora), walaupun ada beberapa jenis ulat yang juga memakan serangga.

Ulat berjalan menggunakan tubuhnya dan dapat kita temukan di sekitar dedaunan, batang-batang pohon, dan ranting-ranting tumbuhan. 

Banyak yang tidak suka jika melihat ulat dan refleks menghindar karena merasa geli dan takut merasakan gatal-gatal jika terkena kulit, selain itu takut karena ada rasa fobia terhadap ulat.

Biasanya, jenis ulat yang memiliki bulu lah yang rata-rata mengeluarkan racun dan dapat menyebabkan gatal-gatal. Lalu, kira-kira adakah ulat yang paling beracun dan berbahaya di dunia?

Namanya ulat kucing Ulat kucing (Megalopyge opercualris) adalah ulat berbulu yang paling beracun di dunia. Ulat ini dapat kita temukan di negara-negara selatan bagian Amerika, mulai dari Texas utara ke Maryland dan Missouri.

Ukuran ulat kucing beragam, ada yang berukuran 32 milimeter dan ada juga yang berukuran 36 milimeter. Di bagian tubuhnya ditumbuhi bulu halus yang lumayan lebat seperti bulu kucing persia.

Bulu ulat kucing beracun

Jika kita tidak sengaja menyentuh bulu dari ulat ini maka bisa fatal akibatnya.

Bulu-bulu yang ada pada ulat kucing sesungguhnya adalah duri beracun yang rata-rata dapat membuat kita merasakan sakit yang lebih parah dari sengatan lebah jika tidak sengaja menyentuhnya.

Duri yang menempel dapat masuk ke jaringan kulit kita serta bisa melukai tulang. Semakin lama kita menyentuh bulu dari ulat kucing tersebut, maka rasa sakitnya akan semakin parah.