Di Kolombia Ada Sungai Lima Warna. Kok Bisa Ya?

By Yomi Hanna, Selasa, 25 April 2017 | 03:09 WIB
Indahnya sungai Cano Cristales di Kolombia. (Foto: placestoseeinyourlifetime.com) (Hanna Vivaldi)

Kamu pernah melihat sungai yang airnya terlihat seperti warna pelangi? Sungai ini ada di Kolombia, namanya Sungai Cano Cristales.

Warna air sungai Cano Cristales

Ada 5 warna air di sungai Cano Cristales ini yang membuatnya menjadi terlihat indah. Oleh karena itu, sungai ini disebut juga dengan ‘Sungai 5 warna’.

Sungai seperti ini sangat jarang, bahkan sepertinya cuma ada satu. Lima warna air sungai tersebut adalah merah, biru, kuning, oranye, dan hijau.

Sungai Cano Cristales mulai banyak dikunjungi wisawatan sejak tahun 2000-an

Kenapa ya airnya bisa berwarna-warni seperti itu?

Yang membuat warna hijau pada sungai adalah adanya lumut, lalu warna birunya berasal dari pantulan langit di permukaan ai, dan warna merah dengan gradasi warna lainnya dikarenakan adanya alga Macarenia clavigera yang menempel di bebatuan sungai.

Sungai berwarna-warni di waktu tertentu

Warna-warni sungai Cano Cristales dapat dilihat hanya pada waktu-waktu tertentu. Arus air sungai berperan untuk mengatur sinar matahari yang bisa mencapai alga.

Jadi, jika musim hujan datang, arus tersebut dapat menjauhkan sinar matahari dari dasar sungai karena jumlah air yang cenderung menjadi lebih banyak.

Sedangkan pada musim kemarau, airnya terlalu dangkal jadi tidak akan mengeluarkan warna-warna tersebut.

Nah, di antara kedua musim tersebutlah merupakan waktu yang tepat bagi sungai Cano Cristales untuk memamerkan warna indahnya, yaitu sekitar bulan Juli sampai Desember.