Keren, Ada Ransel Anti Copet!

By Yomi Hanna, Selasa, 25 April 2017 | 07:29 WIB
Bobby, ransel anti copet. (Foto: kickstarter.com) (Hanna Vivaldi)

Tahukah kamu kalau ternyata ada sekitar 400 ribu kejadian pencopetan terjadi setiap hari di dunia?

Ini jelas bukan jumlah yang sedikit, wajar ketika kita terkadang merasa khawatir dan tidak aman jika naik kendaraan umum atau sedang berada di luar rumah.

Respon kita biasanya adalah mendekap ransel yang kita gunakan dengan hati-hati, bahkan ransel yang seharusnya ditaruh di punggung sering dipindahkan ke depan tubuh kita. Ini cara kita untuk menghindari dari bahaya copet tadi.

Ide muncul dari rasa tidak aman

Ternyata rasa tidak aman seperti ini dirasakan juga oleh Thomas Droze dan Kai Feng Duang, mereka adalah desainer di XD Design. Karena itu mereka pun memiliki ide untuk membuat dan merancang sebuah ransel anti copet, dan menamai ransel tersebut Bobby.

Karena uang yang dibutuhkan untuk membuat ransel tersebut tidak sedikit, maka mereka berdua memanfaatkan situs pendanaan terbesar di dunia yang biasanya membantu orang-orang kreatif untuk mewujudkan ide-idenya. Situs tersebut bernama Kick Starter.

Dari situs tersebut, ternyata ide membuat ransel Bobby berhasil mengumpulkan uang sebanyak 640.923 Poundstreling atau dalam rupiah sekitar 10,7 miliar dari 10.665 orang.

Karena banyaknya orang yang membantu, maka sejak September 2016, pembuatan ransel anti copet ini pun berhasil dijalankan dan mulai dijual di pasaran.

Apa saja kemampuan ransel Bobby?

Ransel ini dapat dibuka dari bagian punggung dan dilengkapi dengan ritsleting yang tersembunyi. Bagian depan ransel terbuat dari bahan yang tidak mudah dirusak dengan benda tajam seperti pisau atapun silet.

Pada tali ransel terdapat kantung tersembunyi untuk menyimpan kartu-kartu penting yang sering digunakan. Di bagian punggung bagian dalam dan di sisi samping juga terdapat kantung tersembunyi yang berukuran sedikit lebih besar. Kantung ini dapat digunakan untuk menyimpan dokumen penting, paspor, dan juga ponsel.

Di beberapa bagian ransel, terdapat bahan yang bisa menyala di dalam gelap agar aman dikenakan saat malam hari.