Bangun Pagi Bisa Meningkatkan Fungsi Otak dan Paru-Paru

By Putri Puspita, Selasa, 25 April 2017 | 07:34 WIB
Menikmati matahari pagi. Foto: Putri Puspita | Bobo.ID (Putri Puspita)

Tidak perlu diragukan lagi, pagi hari memang memiliki kualitas udara yang baik karena kendaraan belum beroperasi, begitu pula dengan pabrik-pabrik. Hal ini tentu berdampak untuk kesehatan kita.

Memaksimalkan kinerja otak

Para peneliti percaya, bahwa udara segar mampu memaksimalkan kinerja otak karena asupan oksigen untuk proses oksidasi biologis terpenuhi. Apalagi, pagi hari merupakan sumber oksigen yang baik dan segar, sehingga menghirup udara pagi sangat baik dilakukan.

Kebiasaan bangun di pagi hari dapat memaksimalkan fungsi otak karena aliran oksigen ke otak menjadi lancar. Hal ini pun menghindarkan seseorang dari kemungkinan daya ingat rendah yang menyebabkan mudah lupa.

Membantu paru-paru

Bangun pagi-pagi sebenarnya bisa membantu kerja paru-paru. Oksigen di pagi hari berguna untuk mencegah kerusakan paru-paru dan berbagai macam penyakit pernafasan lainnya. Gas ozon yang ada pada pagi hari, menjelang matahari terbit, ternyata baik untuk mencegah kerusakan paru-paru.

Matahari pagi yang sehat

Bukan hanya udaranya, tetapi cahaya matahari di pagi hari juga penting untuk tubuh. Sinar matahari pagi kaya vitamin D yang baik untuk pertumbuhan dan kekuatan tulang. Dengan memperoleh matahari pagi, kamu bisa mencegah terjadinya osteoporosis atau pengeroposan tulang, dan sekaligus menjaga kesehatan kulit.