Bagaimana Cara Merawat Gigi yang Benar?

By willa widiana, Rabu, 26 April 2017 | 10:30 WIB
Ilustrasi: Ode | Bobo.ID (willa widiana)

Masalah sakit gigi di Indonesia masih cukup tinggi. Agar kamu tidak sakit gigi, kamu harus tahu bagaimana cara merawat gigi yang benar. Bagaimana caranya?

Menggosok gigi

Menggosok gigi harus dijadikan sebuah kebiasaan. Gosok gigi yang ideal adalah dua kali sehari, tepatnya saat pagi (setelah sarapan) dan malam (sebelum tidur). Kamu jangan menggosok lebih dari tiga kali dalam sehari, karena hal itu bisa merusak email gigi dan membahayakan gusi.

Gosok secara perlahan

Saat menggosok gigi, jangan menyikat gigi terlalu kencang, karena hal itu bisa merusak gusi dan gigi kita. Bahkan, beberapa orang bisa mengalami gusi berdarah, karena menyikat gigi terlalu kencang.

Jangan buru-buru

Gigi kita terbagi menjadi beberapa deret, ada deret kiri, deret tengah, dan deret kanan. Nah, setiap deret memerlukan waktu 30 detik untuk dibersihkan. Jadi mulai sekarang, jangan terburu-buru saat menggosok gigi.

Teknik yang benar

Cara memegang sikat gigi yang benar bukan dengan mengepalnya, tapi dengan cara yang sama seperti memegang pensil. Lalu, sikatlah gigi dengan gerakan yang teratur dan lembut. Ada dua cara yang bisa kamu pilih saat menggerakkan sikat gigimu, yakni menyikat gigi secara vertikal (atas-bawah) dan menyikat gigi secara horizontal (kiri-kanan).

Sikat lidah dan bagian dalam pipi

Selain gigi, kita juga harus menyikat lidah dan bagian dalam pipi. Kenapa? Karena bakteri bisa hidup di lidah dan bagian dalam pipi. Selain itu, menyikat lidah dan bagian dalam pipi juga bisa mengurangi bau tak sedap.

Oiya, kamu harus menyikat lidah dan bagian dalam pipimu secara lembut, ya! Jangan sampai membuat luka!