Inilah yang Harus Kita Lakukan Jika Gempa Bumi Terjadi

By Yomi Hanna, Sabtu, 16 Desember 2017 | 04:08 WIB
Segeralah berlindung di bawah meja pada saat gempa terjadi. (Foto: pinimg.com) (Hanna Vivaldi)

Tidak ada yang bisa menebak kapan datangnya bencana alam, termasuk jika gempa bumi terjadi. Apakah yang harus kita lakukan jika sewaktu-waktu ada gempa bumi di tempat kita?

1. Berlindung di bawah kolong meja

Jika gempa terjadi dan kita sedang berada di dalam ruangan, segeralah berlindung di bawah kolong meja atau perabot lain yang dianggap kuat, kokoh, dan aman. Kemudian peganglah kaki meja tempat kamu berlindung untuk menjaga agar meja tidak tergeser.

Ini dilakukan agar kita terhindar dari benda-benda berat yang berada di atas, yang dapat menimpa kita. Tunggu sampai getaran gempa berhenti dan jika sudah aman, segeralah ke luar ruangan atau lapangan terbuka dan mencari tempat yang lebih aman. Ini dilakukan sambil tetap waspada dengan benda-benda di sekitar yang mudah jatuh seperti kaca dan perabot berat lainnya. Yang paling penting, kamu harus tenang dan jangan panik ya!

2. Cari tempat yang terbuka

Jika kamu berada di luar ruangan pada saat gempa, cari tempat yang terbuka dan jauh dari gedung-gedung, alirang listrik, pohon-pohon besar, dan tiang. Jangan lewati jalan-jalan yang sempit dan tebing untuk menghindari tertimpa reruntuhan dan longsor.

3. Berhenti pelan-pelan jika di dalam mobil

Berhentilah dan jangan keluar dulu jika kamu berada di dalam mobil ketika gempa terjadi. Tetapi hindari pengereman mendadak dan berhenti secara tiba-tiba serta jangan berhenti di bawah jembatan, terowongan, dan dekat aliran listrik.

Jika gempa sudah berhenti, keluarlah dengan berjalan kaki ke tempat yang lebih aman atau ikuti petunjuk polisi lalu lintas atau petugas di sekitar.

4. Jangan mendekati laut

Nah, jika sedang berada di pantai, kamu harus waspada terhadap gelombang pasang. Segeralah berlari ke tempat yang lebih tinggi dan jangan mendekat ke arah laut. Ini untuk menghindari sewaktu-waktu akan terjadi tsunami.