Mengapa Jari Tangan dan Kaki Keriput?

By Yomi Hanna, Jumat, 28 April 2017 | 07:43 WIB
Kenapa jari tangan kita keriput jika terendam air terlalu lama? (Foto: dream.co.id) (Hanna Vivaldi)

Kenapa jari-jari tangan dan kaki keriput jika kita berendam di air terlalu lama? Ini sebenarnya adalah hal yang normal terjadi dan setiap orang pasti akan mengalaminya. Tetapi ada yang merasa takut dan mengira tangan keriput ini disebabkan karena penyakit tertentu.

Penyebab jari tangan dan kaki keriput

Banyak yang mengira bahwa tangan dan kaki keriput saat berendam di air disebabkan kulit kita sedang menyerap air. Ternyata bukan itulah yang menjadi penyebabnya, karena jika itu yang terjadi lalu kenapa bagian tubuh yang lainnya tidak ikut keriput?

Respon dari saraf simpatik di dalam tubuh kita lah yang menjadi penyebabnya. Sistem saraf simpatik adalah salah satu bagian dari sitem saraf pusat yang bertugas untuk mempertahan sistem tubuh agar tetap seimbang.

Cara kerja saraf simpatik adalah dengan membuat jari-jari tangan kita keriput, ini sebagai bentuk respon simpatik kepada tubuh. Jika saraf simpatik ini dipotong, maka kulit jari tangan dan jari kaki kita tidak akan keriput lagi meskipun berlama-lama terendam air.

Selain itu, tugas saraf simpatik lainnya adalah mengontrol fungsi tekanan darah dan denyut jantung di dalam tubuh.

Bagaimana sistem saraf simpatik bekerja?

Saat tangan dan kaki kita terkena air terlalu lama, pembuluh darah bagian tepi yang ada di dalam tubuh akan menegang. Lalu apa yang terjadi selanjutnya? Sistem saraf simpatik tadi mengalihkan darah yang ada di tepi menjadi ke pusat tubuh serta ke organ dan otot-otot utama.

Jadi pada saat sistem ini dilakukan, maka pembuluh darah yang ada di jari tangan dan kaki akan menyempit sehingga menyebabkan aliran darah menjadi sulit mengalir ke jari tangan dan kaki.

Selain itu, volume darah yang ada di jaringan lunak seperti jari tangan dan kaki menjadi berkurang. Ini menyebabkan kulit jari tangan dan kaki akan tertarik dan membentuk lipatan-lipatan yang kita sebut dengan keriput.

Tidak perlu khawatir, karena keriput ini akan hilang setelah beberapa menit kita keluar dari dalam air atau ketika sudah tidak terkena air lagi.

Ternyata keriput di tangan dan kaki ada manfaatnya, lo!

Seorang ahli neurologi (saraf) bernama Mark Changizi melakukan penelitian tentang ini dan mengatakan bahwa tangan yang keriput ketika terkena air akan membuat kita lebih mudah menggenggam benda-benda yang basah ataupun benda-benda yang ada di dalam air.

Tidak hanya itu, jari kaki yang keriput akan membantu kita berjalan di dalam air karena membuat pijakan yang lebih baik saat terendam.