Inilah 8 Jenis Kecerdasan. Mana yang Kamu Miliki?

By willa widiana, Senin, 22 Januari 2018 | 10:40 WIB
Kecerdasan Logika atau Matematis (number smart) (willa widiana)

Bobo.id - Profesor Howard gardener, seorang pakar pendidikan dari Universitas Harvard, Amerika Serikat, mengatakan bahwa ada 8 jenis kecerdasan menurut teori Multiple intelligences. Apa sajakah 8 jenis kecerdasan itu?

8 jenis kecerdasan itu adalah kecerdasan kinetik (body smart), kecerdasan naturalis (nature smart), kecerdasan linguistik (word smart), kecerdasan intrapersonal (self smart), kecerdasan interpersonal (people smart), kecerdasan logika atau matematis (number smart), kecerdasan musikal (music smart), dan kecerdasan spasial (picture smart).

Agar tidak penasaran, yuk kita cari tahu lebih jauh tentang 8 jenis kecerdasan itu. Kecerdasan apa yang ada di dalam diri kita?

Kecerdasan Kinetik (Body Smart)

Kecerdasan ini berkaitan dengan tubuh kita. Orang dengan kecerdasan kinetik biasanya aktif, serta bisa menggunakan tubuhnya dengan baik dan terampil.

Orang yang memiliki kecerdasan ini biasanya jago dalam olahraga atau menari.

Kecerdasan Naturalis (Nature Smart)

Sesuai dengan namanya, kecerdasan ini berkaitan dengan alam. Orang dengan kecerdasan naturalis biasanya cukup peduli dengan hewan dan tumbuhan.

Jika teman-teman melihat ada orang yang dekat dengan binatang atau selalu berhasil saat menanam tumbuhan, bisa jadi orang itu memiliki kecerdasan naturalis.

Kecerdasan Linguistik (Word Smart)

Kecerdasan ini berkaitan dengan bahasa, baik secara lisan ataupun tulisan. Orang yang memiliki kecerdasan linguistik biasanya sangat senang membaca, menulis, berbicara, mendengarkan, dan tentunya bisa mengeja dengan baik.

Jadi tak heran kalau orang dengan kemampuan ini bisa menggunakan bahasa dengan baik dan benar.