9 Karya Anak Bangsa Siap Berkompetisi di Toyota Dream Car Art Contest Internasional

By Sylvana Toemon, Jumat, 5 Mei 2017 | 08:16 WIB
9 karya anak bangsa siap berkompetisi di Toyota Dream Car Art Contest Internasional (Sylvana Toemon)

Setiap ide cemerlang berasal dari impian. Teman-teman kita ini memiliki mobil impian. Tidak hanya membayangkannya, mereka juga menggambarkannya, lo.

Kontes menggambar mobil impian

Sejak tahun 2004, setiap tahun ada kontes menggambar mobil impian. Namanya Toyota Dream Car Art Contes (TDCAC). Tahun ini adalah kontes yang ke-11. Mobil-mobil impian itu digambar sesuai keinginan penggambarnya. Bentuknya tidak hanya seperti kendaraan roda 4 yang kita lihat di jalan. Impian tidak terbatas pada apa yang terjadi sekarang. Imajinasi menjadi bagain yang penting dalam setiap karya.

Pesertanya makin banyak

TDCAC 2017 ini semakin banyak pesertanya. Ada cukup banyak peserta yang sebelumnya sudah pernah mengikuti kontes ini. Mereka ikut lagi untuk mengembangkan bakat. Ada juga yang penasaran karena belum berhasil terpilih menjadi pemenang. Yang pasti, karya-karya peserta yang mengikuti kontes ini makin lama makin baik. Para juri sampai kesulitan untuk menentukan pilihan. Ada beberapa orang juri pada TDCAC tahun 2017 ini. Mereka adalah Bapak Nasril Siyahrial dari Kementerian Pendidikan, Ibu Shahnaz Haque, Bapak Anto Motulz yang merupakan seorang pembuat sketsa, dan Kak Sigit Purnomo yang sehari-harinya menjadi editor visual di Majalah Bobo.

Para pemenang

Ada 3 kategori dalam TDCAC. Kategori 1 untuk peserta berusia di bawah 8 tahun, kategori 2 untuk usia 8 – 11 tahun, dan kategori 3 untuk yang berusia 12 – 1 tahun. Para juri harus menentukan 3 orang pemenang dari masing-masing kategori ini. O ya, sebelumnya karya peserta ini sudah diseleksi menjadi 10 besar. Sembilan karya yang terpilih akan dikirim ke tingkat global untuk berkompetisi dengan juara dari negara lainnya. Jika terpilih, maka sang juara akan diundang ke Jepang untuk mendapatkan penghargaan pada bulan Agustus 2017.

Pemenang Kategori 1 (di bawah 8 tahun):

1. Angeline Keisya Andani, 7 tahun, asal Pontianak, Kalimantan Barat. Judul karya: Turtles Sea Patrol Car.

2. Khansa Azkandria Saherty, 6 tahun, asal Prabumulih, Sumatera Selatan. Judul karya: Kids Friendly Car.

3. Cheryl Nafeeza Ramadhani, 7 tahun, asal Kudus, Jawa Tengah. Judul karya: Cattle Car.

Pemenang Kategori 2 (8 11 tahun):