Cerita Vanili, si Pemberi Rasa Vanila pada Makanan

By Yomi Hanna, Senin, 8 Mei 2017 | 02:10 WIB
Es krim rasa vanila. (Foto: puzzlemobi.com) (Hanna Vivaldi)

Rasa vanila pada makanan atau minuman menjadi favorit bagi sebagian orang karena rasa manisnya yang khas. Rasa ini berasal dari buah tanaman vanili (Vanilla planifolia) yang termasuk salah satu jenis anggrek.

Yuk, kita kenali bagian-bagian tanaman vanila yang banyak memberi rasa pada makanan dan minuman!

Bunga vanili (Flos)

Bunga vanili adalah jenis bunga tandan (berbentuk memanjang seperti pisang) yang terdiri dari 15-20 bunga. Bunga yang keluar dari balik daun di bagian pucuk batang ini berukuran sekitar 6 sentimeter dan berwarna hijau pucat serta berbau harum. Bunga vanili ini mekar hanya dapat bertahan selama satu hari.

Buah vanili (Fructus)

Buah vanili berbentuk panjang mirip pisang tetapi lingkaran buahnya lebih kecil dan tipis. Awalnya buah vanili berwarna hijau muda lalu menjelang masak, warna buahnya berubah menjadi hijau tua dengan garis-garis kuning.

Buahnya berkembang hingga benar-benar masak dan matang selama 5 sampai 6 bulan dan warnanya menjadi cokelat tua. Jika buah dibiarkan matang di pohon, dengan sendirinya buah akan terpecah menjadi dua bagian dan menyebarkan aroma vanili.

Daun vanili (Folium)

Daun vanili merupakan daun tunggal, yang artinya pada satu tangkai hanya terdapat satu daun saja. Daun tumbuh berselang-seling dan berwarna hijau terang. Bentuknya pipih dan bulat telur dengan ujung yang lancip serta tulang daunnya sejajar.

Akar vanili (Radix)

Pada setiap sisi batang vanili tumbuh dua jenis akar. Perkembangbiakan tanaman vanili biasanya menggunakan tanaman lain untuk tempat akarnya menjalar. Sedangkan akar yang satunya merupakan akar yang menggantung di udara. Fungsi akar yang ini adalah sebagai penyerap unsur hara dalam tanah pada saat ujung akar tersebut menyentuh tanah.

Batang vanili (Caulis)

Batang tanaman vanili tidak besar, kira-kira hanya sebesar jari dan berwarna hijau dengan tekstur yang agak lunak, beruas, dan berbuku. Batang ini bisa tumbuh memanjang sampai 100 meter dengan ruas-ruas yang panjangnya sekitar 15 sentimeter.

Jika batang di setiap ruas dipangkas, maka akan menghasilkan cabang yang baru.