Selain Nyamuk, 4 Jenis Hewan Ini Juga Menghisap Darah Manusia

By Yomi Hanna, Senin, 8 Mei 2017 | 07:19 WIB
Lintah. (Foto: trayaan.com) (Hanna Vivaldi)

Tahukah kamu kalau hewan penghisap darah itu ada di mana-mana? Sebagian dari hewan tersebut memang tidak membahayakan, tetapi ada juga yang mematikan.

Selain nyamuk, ternyata ada 4 jenis hewan lainnya yang menghisap darah manusia, lo.

1. Pacet

Pacet adalah salah satu hewan yang menghisap darah manusia dan hewan lainnya. Hewan yang bertubuh kecil seukuran lidi ini biasanya terdapat di rumput-rumput yang basah sehabis hujan. Selain di sana, pacet juga terdapat di rawa-rawa ataupun sawah.

Tubuh pacet berwarna cokelat dengan garis-garis hitam di badannya. Pacet sering menempel pada kaki manusia yang ada di sekitarnya kemudian menghisap darah. Ketika menghisap darah, ada zat khusus pada sedotannya yang dapat mencegah darah agar tidak membeku.

Terkadang kita tidak menyadari kalau pacet sudah menempel di kaki dan menghisap darah. Jika pacet sudah kenyang, bisa terlihat dari bentuknya yang menggemuk. Kemudian dengan sendirinya pacet tersebut akan jatuh dari mangsanya.

2. Lintah

Mirip seperti pacet, lintah juga menghisap darah. Jika pacet hidup di rerumputan dan di darat, lintah biasanya terdapat di dalam air.

Bentuk tubuh lintah cukup unik dan mirip dengan cacing berwarna cokelat maupun hitam. Dia memiliki alat penghisap yang terletak di kedua ujung tubuhnya dengan 3 rahang di bagian mulut serta gigi kecil di setiap rahang.

Kebanyakan orang menghindar dan takut ketika dihisap oleh hewan ini. Tetapi ternyata di dunia kedoteran, lintah digunakan dalam pengobatan kesehatan. Hewan ini dimanfaatkan untuk mengembalikan aliran darah ke pembuluh darah yang rusak.

3. Kutu

Kutu rambut (Ordo Anoplura) adalah jenis kutu yang menghisap darah dengan ukuran 2,1 sampai 3,3 milimeter. Hewan ini lebih suka menyerang manusia dan hewan mamalia. Dia biasanya hidup di rambut dekat dengan tengkuk dan telinga.