5 Cara Unik Memberikan Salam, di Tibet Menjulurkan Lidah

By Yomi Hanna, Senin, 8 Mei 2017 | 09:07 WIB
Salam menjulurkan lidah di Tibet. (Foto: inspiratorfreak.com) (Hanna Vivaldi)

Salam adalah bentuk sapaan, keramahan, dan rasa hormat kepada orang lain. Memberi salam dapat dilakukan dengan dua acara, yaitu dengan ucapan ataupun gerakan tubuh.

Salam dalam bentuk ucapan biasanya berisi ungkapan seperti halo, hai, assalamualaikum, dan lainnya. Sedangkan salam dalam bentuk gerakan tubuh, seperti berjabat tangan, cium pipi, dan melambaikan tangan.

Budaya atau kebiasaan di setiap daerah dapat memengaruhi bagaimana salam yang akan disampaikan. Oleh karena, tidak semua negara mempunyai bentuk salam yang sama. Masing-masing memiliki salam khas yang biasanya dijadikan identitas negara.

Nah, dari berbagai salam yang ada di dunia, berikut 5 bentuk salam yang unik dan menarik perhatian kita.

1. Hongi – Selandia Baru

Suku Maori yang merupakan orang-orang pribumi asli di Selandia Baru memiliki salam unik yang dinamakan hongi. Arti kata hongi adalah ‘berbagi napas kehidupan’ sehingga ketika menyampaikan salam ini, dua orang yang bertemu akan menekan hidung satu sama lain.

2. Tepuk tangan – Zimbabwe

Zimbabwe adalah salah satu negara di Afrika bagian selatan. Mereka juga menyampaikan salam perpisahan dengan cara yang unik. Orang-orang Zimbabwe akan saling menepuk tangan ketika akan berpisah.

Cara tepukan tangan laki-laki dan perempuan berbeda. Laki-laki menepuk tangan dengan lurus, sedangkan perempuan menepuk tangan dan ditangkupkan.

3. Membungkuk – Jepang

Jepang adalah negara yang sangat mengutamakan kesopanan pada saat menyampaikan salam. Ini dapat kita lihat dari cara mereka menghormati orang lain pada saat bersalaman.

Salam yang dilakukan orang Jepang adalah dengan membungkukkan badan. Semakin seseorang itu dihormati, maka orang lain akan membungkukkan badannya sampai 90 derajat.