5 Macam Posisi Tidur, Telentang yang Terbaik

By willa widiana, Jumat, 12 Januari 2018 | 03:05 WIB
Bagaimanakah posisi tidur yang baik itu? (willa widiana)

Bobo.id - Menurut Dr. Hooman Melamed, ahli beda ortopedi di DISC Sport & Spine Center di Los Angeles, California, posisi tidur yang salah bisa menyebabkan gangguan tidur.

Selain itu, posisi tidur yang salah juga bisa menyebabkan nyeri punggung dan leher, gangguan perut, hingga penuaan dini.

Bagaimanakah posisi tidur yang baik itu? Terlentang, tengkurap, ataukah menyamping? Kita cari tahu bersama, yuk!

1. Telentang

Tidur dengan posisi seperti ini akan membuat kepala, leher, dan juga tulang punggung berada dalam posisi netral. Saat tidur dalam posisi terlentang, tubuh tidak akan menerima tekanan di bagian-bagian tertentu.

Bahkan, menurut Melamed, posisi inilah yang paling baik dalam menjaga keadaan tulang punggung.

2. Bintang Laut

Posisi ini sebenarnya sama dengan posisi telentang. Hanya saja, posisi tangannya diangkat ke atas. Nah, posisi ini baik juga, lo, untuk menjaga keadaan tulang punggung dan mencegah keriput di wajah.

Menurut seorang pakar saraf dari Norwood Clinic di Birmingham, posisi tidur seperti ini bisa melawan refluks (naiknya asam lambung ke tenggorokan).

Jadi, jika ada diantara kamu yang menderita refluks, maka kamu bisa menyerankannya untuk tidur dengan posisi bintang laut.

3. Menyamping

Bagi yang menderita sleep apnea atau henti napas saat tidur, sebaiknya tidur dengan posisi menyamping. Kenapa? Karena posisi ini bisa mengurangi mendengkur (penyebab umum dari gangguan sleep apnea).