4 Tips Memelihara Hewan di Rumah

By Yomi Hanna, Sabtu, 23 September 2017 | 06:42 WIB
Bermain dengan hewan peliharaan dapat menghilangkan stres. (Hanna Vivaldi)

Apakah teman-teman mempunyai hewan peliharaan atau baru saja ingin memeliharanya di rumah?

Hewan yang biasanya dipelihara adalah hewan yang jinak dan tidak berbahaya. Contoh hewan seperti ini misalnya anjing, kucing, ikan, burung, hamster, dan hewan jinak lainnya.

Meskipun mereka adalah hewan, bukan berarti ketika mereka dipelihara dapat diperlakukan sesuka hati dan dibiarkan begitu saja. Kita punya tanggung jawab untuk menjaga dan merawat mereka dengan baik.

Jadi, bagaimana sebaiknya cara kita memelihara mereka? Yuk, simak tips di bawah ini, ya!

1. Menyiapkan Kandang yang Nyaman

Sebelum kita memelihara hewan, sebaiknya kita menyiapkan kandang atau tempat tinggal terlebih dahulu. Kandang dapat menjadi tempat hewan tidur dan beristirahat. Jika memelihara ikan, kita bisa menyiapkan kolam atau akuarium yang ukurannya dapat disesuaikan dengan ikan tersebut.

Kandang atau tempat tinggal juga memudahkan hewan untuk membuang kotoran serta untuk tempat mereka makan dan minum. Kamu bisa mencari tahu kandang apa yang cocok dan sesuai dengan hewan yang ingin kamu pelihara agar mereka bisa hidup dengan nyaman.

2. Rutin Memeriksa Kesehatan

Ketika kita membeli hewan di toko, pastikan kondisi mereka sehat. Umur hewan juga memengaruhi kondisi kesehatan. Kita bisa memelihara hewan yang berusia setengah dewasa atau tidak terlalu kecil karena mereka memiliki daya tahan tubuh yang lebih kuat dibandingkan hewan yang masih bayi atau kecil. Sehingga memudahkan kita saat memelihara mereka di rumah.

Tetapi jika kamu sudah memiliki hewan peliharaan, kamu bisa rajin memeriksa kesehatannya. Ada baiknya hewan tersebut dibawa ke dokter hewan sebanyak 1 kali dalam 3 bulan untuk diperiksa. Selain itu kamu juga sebaiknya memberikan vaksinasi agar hewan yang kamu pelihara terhindar dari penyakit umum yang muncul.

Kandang atau tempat tinggal mereka juga bisa kamu bersihkan secara rutin karena ini dapat berpengaruh juga bagi kesehatannya.

3. Teratur Memberi Makan dan Minum