Flamingo, Burung Terang Berkaki Panjang

By Marisa Febrilian, Jumat, 12 Mei 2017 | 04:23 WIB
Ini adalah jenis Carribean Flamingo (Marisa Febrilian)

Ssst! Warna terang burung ini, semakin menambah keindahan penampilan burung Flamingo, lo! Kenapa disebut burung terang, ya?

Burung terang

Dalam bahasa ilmiah, Flamingo disebut Phoenicopteridae. Ia senang hidup di daerah yang basah, seperti rawa-rawa dan danau.

Di dunia, hanya ada 6 jenis Flamingo, Rosy atau Carribean Flamingo, Greater Flamingo, Chilean Flamingo, Andean Flamingo, Lesser Flamingo, dan James Flamingo.

Kata ‘Flamingo’ berasal dari bahsa Spanyol, Flamenco artinya burung yang berwarna terang. Kalau dalam bahasa Latin dikenal dengan sebutan flamma yang artinya adalah api.

Bertelur sekali setahun

Greater Flamingo adalah spesies paling besar. Tingginya mencapai 1.5 m dan beratnya 3.5 kg. Flamingo betina akan bertelur 1 kali dalam setahun. Bayi flamingo yang baru lahir, bulunya berwarna putih keabu-abuan. Ketika umurnya 3 tahun, warna bulunya menjadi merah muda, oranye atau merah. Semakin terang warna bulunya, semakin tua umur flamingo.

Masa hidup

Flamingo dapat hidup sekitar 20-30 tahun di alam bebas. Tetapi, flamingo yang tinggal di penangkaran dapat bertahan hidup lebih dari 50 tahun.

Tulang leher Flamingo ada 19 tulang. Paruh Flamingo berbentuk seperti sekop yang berfungsi untuk mencari makanan dalam lumpur.

Udang dan ganggang adalah makanan yang biasa dimakan flamigo. Makanan itu mengandung beta karotin yang membuat warna bulu flamingo merah muda.

Flamingo  senang berdiri dengan satu kaki. Saat sedang berdiri satu kaki, artinya Flamingo sedang bersantai. Terkadang, saat tidur pun, kaki flamingo suka diangkat. Ia merasa nyaman berdiri dengan satu kaki karena dapat menjaga kehangatan tubuh mereka.