Cacar Air, Penyakit yang Terjadi Saat Anak-anak

By Yomi Hanna, Jumat, 12 Mei 2017 | 06:19 WIB
Cacar air, penyakit yang menular melalui udara. (Foto: static6.com) (Hanna Vivaldi)

Apakah kamu pernah terkena penyakit cacar air? Cacar air adalah salah satu jenis penyakit yang dapat menular melalui udara (aerogen). Penyakit ini disebabkan oleh infeksi virus Varicella zoster.

Ciri-ciri penyakit cacar air

Tanda-tanda yang muncul jika terkena penyakit ini adalah demam, pilek, lesu, dan mudah merasa lelah. Setelah itu secara bertahap akan timbul banyak bintik merah.

Mulanya bintik merah ini berukuran kecil dan ada di bagian tubuh saja. Tetapi beberapa hari kemudian pada saat masa infeksi, bintik merah akan muncul di bagian tubuh lainnya seperti perut, leher, punggung, wajah, tangan, dan kaki.

Ruamnya jangan digaruk

Selanjutnya bintik merah tadi akan berubah menjadi ruam yang berisi cairan bening dengan selaput yang tipis. Selain itu, ruam ini akan disertai rasa gatal juga, tetapi hati-hati jangan sampai digaruk, ya!

Ruam yang tidak digaruk dan dibiarkan begitu saja akan mengering dan terlepas dengan sendirinya dan meninggalkan bercak hitam yang lama kelamaan akan memudar serta tidak meninggalkan bekas di kulit. Tetapi bila kita menggaruk ruam tadi, maka akan menimbulkan bekas pada kulit dan bercak hitam yang susah hilang.

Masa infeksi cacar air

Masa infeksi penyakit terjadi selama 5 hari dan di saat itu juga kita harus menjaga kebersihan supaya penyakitnya tidak semakin menular.

Terjadi hanya sekali dalam seumur hidup

Penyakit cacar air biasanya dialami saat kita masih anak-anak dan sebagian orang mengalaminya saat dewasa. Sewaktu kecil kita diberikan vaksin cacar air supaya penyakit ini tidak terjadi dua kali di waktu yang akan datang. Vaksin tadi gunanya untuk menghambat virus penyebab cacar air datang lagi.

Pada saat kita bertumbuh besar, daya tahan tubuh kita juga semakin kuat dan virus cacar air susah menyerang kita lagi. Tetapi ada juga yang mengalami penyakit ini dua kali, ini dikarenakan daya tahan tubuhnya belum kuat. Meskipun kejadian seperti ini jarang sekali terjadi.