Jangan Mencoba 4 Olahraga Ekstrem Ini, Sangat Berbahaya

By Sigit Wahyu, Jumat, 12 Mei 2017 | 06:53 WIB
Wingsuit flying. (Sigit Wahyu)

Olahraga ekstrem ini hanya boleh dilakukan oleh orang yang sudah profesional. Kalau sekadar mau coba-coba, jangan deh. Ini olahraga yang sangat berbahaya. Kita cukup mengetahuinya saja.

1. Wingsuit Flying

Wingsuit Flying ini membutuhkan keberanian yang besar. Soalnya mereka  akan terbang bebas di angkasa. Nah, sebelum mulai melakukan olahraga ini, mereka harus mengenakan pakaian khusus terlebih dahulu. Pakaian khusus itu memiliki sayap di bagian lengan dan di antara kaki.

Fungsi pakaian ini untuk mengatur kecepatan saat terbang. Kalau sayapnya dilebarkan, maka kecepatan terbang akan semakin melambat. Sebaliknya, jika dirapatkan sayapnya, maka akan semakin cepat meluncur ke bawah. Wih! Oiya, sebelum mencoba olahraga ini ada persyaratannya dulu, setiap orang yang akan mencoba Wingsuit Flying, harus sudah pernah melakukan 200 kali terjun payung dalam waktu 18 bulan. Wow! Iya, kan harus dilakukan oleh orang yang sudah profesional.

2. Cliff Diving

Olahraga ekstrem selanjutnya adalah terjun dari tebing atau Cliff Diving. Olahraga ekstrem ini sudah dijadikan sebagai kejuaraan dunia. Jadi para atlet terjun tebing harus melompat dari tebing dengan ketinggian tertentu.

Biasanya para atlet ini akan melakukan atraksi saat melompat. Ada yang berputar-putar, jungkir balik, pokoknya membentuk gerak indah di udara. Sebetulnya, olahraga ini mirip dengan olahraga loncat indah, tetapi kalau Cliff Diving menggunakan tebing sebagai tempat melompatnya.

3. Slacklining

Selain butuh keberanian, slacklining juga membutuhkan keseimbangan. Slacklining atau Slackline adalah olahrga keseimbangan untuk berjalan di atas tali. Tali yang digunakan biasanya tali berbahan nilon.

Awal mula olahraga ini, sekitar tahun 1980-an. Dua orang pemanjat tebing asal California, bernama Adam Grosowsky dan Jeff Ellington ingin menguji nyali mereka dengan mengikatkan tali diantara 2 tebing, lalu berjalan di atas tali itu.

Sejak saat itulah, olahraga ekstrem ini menjadi populer. Schou Kristen adalah Slackliner yang berhasil meraih gelar Guiness World of Record. Ia berhasil memecahkan rekor sebagai slackliner tertinggi dengan ketinggian 3.280 kaki atau 1.000 meter. Hebat!

4. Speed riding