Apa Saja Perbedaan Antara Kambing dan Domba?

By Yomi Hanna, Jumat, 12 Mei 2017 | 06:55 WIB
Kambing dan domba (Foto: brilio.net) (Hanna Vivaldi)

Kambing dan domba adalah dua jenis spesies hewan yang berbeda. Dalam bahasa latin, kambing disebut Capra hirpus sedangkan domba disebut Ovis aries.  Dilihat sekilas kedua hewan ini hampir sama. Lalu apa saja perbedaannya ya?

Bulu

Perbedaan yang mudah ditemukan adalah pada bulu kambing dan domba. Bulu pada kambing itu lurus dan tidak perlu dicukur, bahkan dibiarkan saja memanjang. Sedangkan domba memiliki bulu yang keriting dan biasanya dicukur jika sudah lebat untuk dibuat menjadi wol. Apabila bulu kedua hewan ini sama-sama sudah dicukur, maka keduanya susah dibedakan dan terlihat sangat mirip.

Telinga

Perbedaan lainnya ada pada telinga kambing yang sebagian besar terjuntai ke bawah dan panjang sedangkan telinga domba menegak ke atas. Kelenjar bau pada kambing yang ada di bawah ekornya tercium lebih menyengat sedang domba tidak.

Tanduk

Tanduk yang dimiliki kambing dan domba pun berbeda. Kambing memiliki tanduk yang mengarah ke atas atau ke samping sedangkan tanduk domba melengkung, itu juga tidak semua domba memiliki tanduk.

 Cara makan

Kambing biasanya memakan daun-daun segar, pucuk daun, dan memakannya dengan agak berdiri sedangkan domba makan dengan cara merumput, mencari rumput yang pendek di permukaan tanah.

Kebiasaan

Kambing adalah tipe hewan yang cenderung mandiri dan bebas sedangkan domba lebih suka berkelompok dan merasa gelisah kalau terpisah dari kawanannya. Ketika mencari perlindungan, kambilng lebih gesit dan cepat dibandingkan domba. Kambing tidak suka jika kakinya terkena air dan basah, sehingga mereka akan segera mencari rumput di tempat yang lebih tinggi.