Ada Lumpur Hidup yang Dapat Menghisap Tubuh Kita

By Yomi Hanna, Selasa, 16 Mei 2017 | 09:35 WIB
(Ilustrasi: masterthenewnet.com) (Hanna Vivaldi)

Lumpur adalah campuran semi cair antara tanah dan air yang biasanya terjadi saat tanah basah karena hujan atau keadaan lainnya. Lumpur ini tidak membahayakan kita, berbeda dengan lumpur hidup.

Apa itu lumpur hidup?

Lumpur hidup atau lumpur hisap merupakan jenis lumpur yang terdiri dari campuran air, pasir, dan juga tanah liat. Campuran dari bahan-bahan tadi menghasilkan gerakan turun naik yang sangat kuat sehingga membuatnya seolah-olah memiliki daya hisap bagi benda-benda yang berada di atasnya.

Oleh karena itu, lumpur ini dinamakan lumpur hidup karena keadaannya seperti bernyawa dan bergerak.  Lumpur hidup ini biasanya terdapat di sekitar air seperti di hutan, rawa-rawa dan derah yang dekat dengan sungai.

Lumpur hidup dapat membahayakan

Daya hisap lumpur hidup sangat kuat. Apabila lumpur ini mendapatkan tekanan atau benda yang menimpa dari atasnya, maka dengan segera molekul yang di bagian bawah langsung naik sedangkan benda yang ada di atas akan dibawa turun.

Lumpur hidup atau lumpur hisap ini dikenal sebagai lumpur yang berbahaya. Meskipun belum tentu menghisap seluruh tubuh manusia atau benda lain untuk masuk dan terjebak terlalu dalam, lumpur hidup ini dapat menyebabkan pergerakan manusia terhenti.

Ketika terhisap, manusia akan sulit untuk bergerak ke mana-mana karena semakin banyak bergerak maka semakin membahayakan.

Orang-orang yang terlalu lama terjebak di dalam lumpur hidup akan mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan serta terkena radiasi matahari.

Apa yang harus dilakukan ketika terjebak di lumpur hidup?

Lumpur hidup memang seperti monster yang mengerikan ketika kita tidak sengaja menginjaknya. Tapi, bagaimana kalau ini terjadi pada kita?

1. Jangan panik