Mari Jaga Pantai dan Cegah Abrasi

By Putri Puspita, Rabu, 17 Mei 2017 | 03:40 WIB
Abrasi bisa mengurangi wilayah pantai untuk berekreasi. Foto: Putri Puspita | Bobo.ID (Putri Puspita)

Saat ini banyak terdengar berita mengenai kerusakan pantai dan terjadinya abrasi. Apa itu abrasi?

Penyebab abrasi

Abrasi merupakan pengikisan daerah pantai yang terjadi karena gelombang dan arus laut. Pengikisan ini bisa menyebabkan berkurangnya daerah pantai mulai dari yang paling dekat dengan air laut karena menjadi sasaran pertama pengikisan.

Terdapat beberapa penyebab abrasi pantai, yaitu  pasang surut air laut, angin, dan kegiatan perusakan oleh manusia, seperti perusakan terumbu karang, tidak melestarikan hutan bakau, dan tambang pasir pantai secara besar-besaran.

Dampak abrasi yang menyeramkan

Abrasi akan merugikan bila terjadi. Pertama, area pantai akan menjadi berkurang dan tentu saja tempat rekreasi anak-anak pun juga berkurang, serta pemandnagan pantai pun menjadi tidak indah lagi. Kedua, abrasi bisa merugikan nelayan karena sulit mengatur lalu lintas perahu. Ketiga, penduduk yang tinggal di sekitar pantai dan juga hewan serta tumbuhan bisa kehilangan tempat tinggal.

Yuk, cegah abrasi!

Nah, sekarang sudah tahu kan kenapa kita harus menjada ekosistem pantai dan mencegah abrasi. Kepedulian kita terhadap pantai dapat dilakukan dengan cara-cara berikut ini:

1. Menanam bakau

Ketika pohon ini tumbuh dan berkembang, akarnya akan semakin kuat sehingga dapat menahan gelombang dan arus laut agar tidak sampai menghancurkan bebatuan.

2. Menjaga terumbu karang

Terumbu karang di dasar laut dapat mengurangi kekuatan gelombang dan arus laut yang akan menyentuh pantai.