Astronaut Bandel Bawa Sandwich ke Ruang Angkasa

By Lita Maha, Minggu, 10 September 2017 | 08:05 WIB
Astronaut Pak John Young (sebelah kiri) bersama astronaut Pak Guss Grissom. Siapa bandel bawa sandwich ke ruang angkasa? (Lita Maha)

Puluhan tahun lalu, makanan astronaut tidak seenak makanan astronaut sekarang. Makanya, seorang astronaut bandel membawa sandwich ke ruang angkasa!

Misi Gemini 3

Pada tanggal 23 Maret 1965, NASA melaksanakan misi Gemini 3 ke orbit Bumi. Misi itu dilakukan oleh astronaut Bapak John Young dan Bapak Gus Grissom. Kedua astronaut itu menjalankan misi ke orbit Bumi selama 4 jam, 52 menit, dan 3 detik.

Meneliti Makanan

Misi Gemini 3 melakukan beberapa penelitian selama di ruang angkasa. Salah satunya menguji makanan yang dibawa dari Bumi. Makanan itu makanan khusus untuk astronaut. Jadi, makanan itu telah disiapkan dan dikemas sesuai dengan kebutuhan di ruang angkasa. Makanan itu disiapkan dengan menghabiskan biaya besar, lo. Jutaan dolar!  

Bandel Bawa Sandwich

Saat itu, makanan astronaut belum seenak makanan astronaut zaman sekarang. Nah, karena itu, Pak John Young bandel membawa sandwich daging kornet di kantung bajunya tanpa izin!

Roti lapis isi daging kornet itu dibeli 2 hari sebelum Pak John Young berangkat ke ruang angkasa. Setelah berada di ruang angkasa, Pak John mengeluarkan sandwich itu dari kantung bajunya dan menunjukkannya pada Pak Guss Grissom. Mereka lalu sempat ngobrol sesaat tentang sandwich itu. 

Pemerintah Marah

Pak John Young membawa sandwich itu sebenarnya hanya untuk bercanda. Tetapi, ternyata, akibatnya cukup parah. Pemerintah Amerika sempat marah. Kenapa marah, ya? 

Mereka berpikir, Pak John Young dan Pak Guss Grissom tidak menghargai makanan astronaut yang telah disiapkan dengan biaya jutaan dolar. Selain itu, NASA pun khawatir remah-remah sandwich dapat beterbangan di pesawat, sehingga masuk ke mesin atau saluran udara di pesawat. Akibatnya, pesawat bisa rusak!

Janji NASA