Inilah 5 Tips Merawat Buku

By Yomi Hanna, Sabtu, 23 September 2017 | 07:35 WIB
Yuk, merawat buku yang kita punya! (Foto: neurostis.com) (Hanna Vivaldi)

Apakah teman-teman senang membeli buku cerita, buku ensiklopedia, komik, atau buku lainnya lalu menyimpannya karena suatu saat ingin membacanya lagi?

Sayang sekali jika buku yang teman-teman punya dibiarkan begitu saja tanpa merawatnya. Buku bisa saja rusak, dimakan rayap, berdebu, kertasnya menguning, bahkan halaman bukunya terlepas.

Untuk itu, buku-buku yang kita punya perlu dirawat dengan baik agar tidak rusak ketika kita ingin membacanya di waktu mendatang. Nah, bagaimana, ya, caranya?

1. Menyampul Buku

Buku yang baru dibeli diberi sampul plastik yang kedap udara. Kalau bisa sampul plastiknya yang agak tebal agar tidak mudah robek. Periksa buku kamu secara berkala, jika beberapa bulan atau beberapa tahun kemudian sampul plastik tadi sudah rapuh dan rusak, kamu bisa menggantinya dengan sampul yang baru.

2. Gunakan Pembatas Buku

Ada saatnya kita tidak bisa selesai membaca buku sekalgus dalam sekali baca. Biasanya kita memberi tanda di halaman terakhir yang dibaca dengan cara melipat ujungnya. Nah, jika kita lipat, buku bisa rusak.

Oleh karena itu, gunakanlah pembatas buku yang tipis untuk menandai halaman. Jangan menggunakan benda-benda tebal juga seperti pulpen, ponsel, atau benda tebal lainnya karena itu dapat merusak jilid bukunya.

3. Memberi Coretan di Sticky Note

Mencoret buku juga sebaiknya tidak dilakukan. Kalaupun kamu ingin membuat catatan, ataupun menandai kutipan menarik pada bacaan, kamu bisa menulisnya di sticky note dan menempelkannya pada halaman.

Gunakan sticky note yang kualitasnya baik, agar tidak merusak halaman buku apabila suatu saat ingin kita lepas.

4. Jangan Membaca Sambil Makan atau Minum