200 Tahun Kebun Raya Bogor

By Eka Kartika, Senin, 22 Mei 2017 | 04:00 WIB
HUT 2 Abad Kebun Raya Bogor, Foto: Eka Kartika (Eka Kartika)

Tak seperti biasanya, suasana Kebun Raya Bogor begitu meriah sejak 18 sampai dengan 21 Mei 2017. Ada acara apakah gerangan selama tiga hari itu, sehingga Kebun Raya diserbu pengunjung dari berbagai kalangan? Ternyata selidik punya selidik, Kebun Raya Bogor rupanya tengah merayakan hari jadinya yang ke 200 tahun (2 abad). Keramaian dan acara apa saja yang ada di Kebun Raya Bogor di usia 2 abad ini?

Ada Ibu Megawati di Kebun Raya Bogor

Sebagai Ketua Yayasan Kebun Raya Bogor, mantan Presiden RI kelima, yaitu Ibu Megawati, bersama Menteri Komunikasi dan Informasi Rusdiantara dan Bapak Teten Masduki, Kepala Staf Presiden RI, ternyata hadir pada hari pertama perayaan Ulang Tahun Kebun Raya Bogor (18/5/2015).

Pada kesempatan itu, Ibu Megawati secara khusus meresmikan Tugu 2 Abad, sekaligus membuka pameran hasil penelitian. 

Aneka bazar dan pameran

Sebagai bentuk rasa terima kasih kepada masyarakat, pada hari ulang tahunnya itu Kebun Raya Bogor juga tak lupa untuk menggelar acara bazzar dan pameran bunga.

Selain memperlihatkan beragam bunga – bunga cantik nusantara, baik dari jenis anggrek maupun jengger ayam, serta tanaman kantong semar yang unik dari Amerika dan Kalimantan Barat yang diambang kepunahan.

Pada kesempatan itu juga ada stand buah – buah asli Indonesia, bahkan  beberapa perwakilan Kebun Raya yang tersebar di berbagai kota, seperti Kebun Raya Baturaden dan Cibodas, turut berpartisipasi di acara pameran, hingga penutupan di hari Minggu (21/05/2017).

Tarian tradisional di panggung 2 abad

Berlokasi di  lapangan yang berlokasi tak jauh dari Taman Astrid, berdiri panggung berukuran sedang, tempat tampilnya berbagai pengisi acara yang datang dari Jakarta, Bandung, Bogor, dan Depok.

Beberapa di antaranya mengisi acara dengan cara menampilkan kesenian tradisional dari daerah masing – masing, serta ada juga tarian Dandang None. Tarian yang dimodifikasi dari tradisi tari Coke Betawi dan tarian Jaipong, Jawa Barat.

Jangan berharap ada badut – badut yang biasanya menghibur di hari ulang tahun, lo. Sebab itu tidak masuk dalam daftar acara, teman – teman. Hehehe…