7 Kesalahan Saat Mandi

By Marisa Febrilian, Senin, 22 Mei 2017 | 08:43 WIB
Ini dia! 7 Kesalahan dalam Mandi (Marisa Febrilian)

Mandi merupakan aktivitas rutin setiap hari. Namun, karena sudah menjadi kebiasaan rutin, tanpa kita sadari kita melakukan kesalahan-kesalahan saat mandi. Memangnya kita berbuat salah apa, ya, saat mandi?  

Mandi cepat-cepat

Cebar, cebur, selesai! Eits, mandinya, kok, buru-buru?! Yakin mandinya sudah benar? Mandi cepat boleh saja. Asalkan, tidak lupa menggosok tubuh dengan seksama. Kita, kan, beraktivitas seharian. Tubuh kita kotor dan berkeringat. Akibatnya, bakteri dan kuman menempel di tubuh kita. Itulah sebabnya, sebaiknya kita menggosok tubuh saat mandi. 

Sabun tumpah  

Saat mandi, pakailah sabun dengan tepat. Gunakan sabun secukupnya. Tidak terlalu sedikit, agar seluruh bagian tubuh terkena sabun dengan rata. Tidak juga terlalu banyak, agar sabun tidak sia-sia tumpah di lantai. Kalau sabun tumpah, kita jadi boros sabun. Lantai kamar mandi pun jadi licin. 

Asal bilas   

Klek! Begitu keluar dari kamar mandi, Mama berseru “Eh, masih ada sabun di badanmu!”. Ups! Pernah mengalami hal seperti itu? Itu bisa terjadi kalau kita mandi asal bilas saja. Hasilnya, sabun dan shampo masih tersisa di tubuh dan di rambut. Akibatnya, bakteri dan kuman tidak benar-benar terlepas dari tubuh. Maka itu, saat mandi, bilas dengan teliti seluruh tubuh dan rambut dengan air mengalir.    

Gosok gigi ngebut  

Cikicik, cikicik, sudah! Gosok gigi ngebut begitu, apakah bersih? Gosok gigi sangat penting, agar gigi sehat dan mulut pun tidak bau. Yuk, stop ngebut, mulailah gosok gigi dengan serius. Pastikan setiap bagian gigi dan gusi digosok. Gosok dengan lembut dan gerakan berputar. Gosok juga bagian belakang gigi. Gunakan sikat gigi yang bulunya lembut. Ganti sikat gigi sekitar sebulan sekali atau jika sudah rusak.       

Handuk kotor

Selesai mandi, badan dikeringkan dengan handuk. Eits, handuknya bersih enggak? Kita memakai handuk 2 kali sehari. Lama kelamaan, handuk akan kotor. Apalagi kalau pernah jatuh di kamar mandi. Nah, handuk yang kotor bisa menjadi sarang bakteri dan kuman. Jika kita memakai handuk kotor, tubuh kita bisa terserang jamur, infeksi, dan penyakit lain. Karena itu, yuk, ganti handuk mandi beberapa hari sekali. 

Muka ketinggalan