Bunaken, Harta Karun Dunia

By Sigit Wahyu, Senin, 22 Mei 2017 | 11:30 WIB
Taman laut Bunaken. (Sigit Wahyu)

Bunaken, di sanalah harta karun itu terpendam. Harta karun yang membuat para pemburu harta dari penjuru dunia berdatangan. Inilah cerita tentang harta karun Bunaken yang tak ternilai harganya.

Sulawesi Utara

Di Sulawesi Utara ada sebuah taman nasional laut yang sangat terkenal di dunia. Namanya, taman laut Bunaken.

Taman laut Bunaken menyimpan harta karun yang lua biasa. Harta karun itu tidak berupa uang atau perhiasan peninggalan kapal yang tenggelam. Harta itu adalah taman laut yang indah!

Taman laut Bunaken memiliki keanekaragaman hayati kelautan terbesar di dunia. Di sini, kita bisa melihat kehidupan beraneka jenis koral, terumbu karang, tumbuhan, serta hewan laut.

Bermacam-macam

Bermacam-macam jenis hewan air yang langka juga terdapat di dalamnya. Misalnya ikan duyung, dugong-dugong, dan lumba-lumba. Juga berbagai jenis ikan hias seperti hippocampus sp, kima raksasa, penyu sisik, penyu hijau, dan lainnya.

Pantas, banyak pemburu harta karun yang datang dari seluruh penjuru dunia. Mereka adalah para penyelam yang berburu keindahan pemandangan bawah laut.

Taman Nasional Bunaken

Taman Nasional Bunaken memiliki wilayah seluas 75,26 hektar. Taman ini terdiri dari hutan bakau, padang lamun, terumbu karang, dan beberapa pulau yang berdekatan.

Pulau-pulau itu bernama Bunaken, Manado Tua, Siladen, Mantehage, dan Nain. Nah, taman-taman laut yang indah terhampar di sekeliling pulau-pulau tersebut.

Tempat menyelam terpopuler