Jimmy Donal Wales, Pembuat Wikipedia

By Sigit Wahyu, Selasa, 30 Mei 2017 | 04:00 WIB
Pak Jimmy Donal Wales, pendiri Wikipedia. Sumber foto: time.com (Sigit Wahyu)

Pada zaman dahulu, ensiklopedia merupakan bacaan anak-anak orang kaya, sebab buku ensiklopedia harganya sangat mahal. Namun, berkat jasa Pak Jimmy Donal Wales, ensiklopedia kini bisa dibaca siapa saja dengan gratis. Itulah Wikipedia. Apa yang dilakukan Pak Wales dengan ensiklopedia?

Pak Jimmy Wales telah membuat ensiklopedia di internet. Ensiklopedia itu diberi nama Wikipedia. Hari ini, 30 Mei 2017, genap 14 tahun Wikipedia dalam Bahasa Indonesia. Untuk apa Pak Wales mendirikan Wikipedia?

Ia ingin semua orang di seluruh dunia bisa membaca ensiklopedia dengan gratis. “Bayangkan suatu dunia dimana setiap orang bisa mendapatkan seluruh ilmu pengetahuan,” jelas Pak Jimmy Wales. Selain itu Pak Wales juga ingin setiap orang bisa membagikan ilmu pengetahuannya kepada semua orang lewat Wikipedia. Sejak kapan Pak Wales membuat Wikipedia?

Wikipedia dimulai pada 15 Januari 2001. Waktu itu isinya masih dalam bahasa Inggris. Baru pada 30 Mei 2003, dimulailah Wikipedia dalam bahasa Indonesia. Saat ini Wikipedia sudah disajikan lebih dari 285 bahasa. Termasuk bahasa Aceh, Jawa, Sunda, Banyumasan, Bugis, dan lainnya.

Apakah Pak Wales membuat Wikipedia sendirian?

Dengan teknologi internet yang digunakan, Pak Wales tidak perlu membuat sendiri. Dengan teknologi internet, isi Wikipedia bisa diisi oleh siapa saja, yang mau menyumbangkan tulisan atau pengetahuannya , sesuai dengan bidang yang diminatinya. Misalnya, ahli geologi mengisi tulisan tentang geologi. Ahli sejarah menulis tentang sejarah, dan lainnya. Berapa orang yang membantu proyek Pak Wales ini?

Menurut catatan pada halaman utama Wikipedia,  saat ini sudah ada 878.355 orang yang secara suka rela telah bergabung untuk ikut menyunting dan membuat artikel di Wikipedia. Para relawan ini telah  mengerjakan lebih dari 38 juta artikel dalam 285 bahasa. Saat ini sudah tersedia 403.406 artikel dalam bahasa Indonesia

Kenapa Pak Wales memilih nama Wikipedia?

Wiki adalah sebuah situs internet yang menggunakan teknologi wiki, dimana situs ini memperbolehkan penggunanya membuat artikel baru, menambah, dan mengubah isi situs tersebut.

Program Wiki dibuat oleh programmer Ward Cunningham tahun 1995. Kata Wiki berasal dari istilah bahasa Hawaii wiki wiki yang berarti “kecepatan”. Jadi Wikipedia berarti ensiklopedia yang diperbarui dengan cepat karena siapa pun bisa ikut menyunting isinya. Apakah Pak Wales seorang ahli komputer?

Pak Wales lebih jago soal bisnis keuangan. Ia pernah bekerja sebagai direktur riset perusahaan saham. Selama 6 tahun bekerja Pak Wales berhasil mengumpulkan banyak uang. Ia juga mendapatkan penghasilan tambahan dari situs internet yang ia dirikan. Keluar dari perusahaan saham, pada tahun 2000, Pak Wales mendirikan situs Nupedia.com. Ini adalah situs ensiklopedia bebas yang bisa disunting oleh siapa pun. Jadi sebelum mendirikan Wikipedia, Pak Wales sudah membuat ensiklopedia di Nupedia?

Ya, betul. Pada 10 Januari 2001, redaktur pelaksana Nupedia, Pak Larry Sanger mengusulkan untuk membuat ensiklopedia menggunakan piranti lunak wiki. Ternyata teknologi ini lebih hebat. Tanggal 15 Januari 2001, Wikipedia pun resmi diluncurkan. Sebetulnya, orang mana Pak Wales itu?