5 Fakta Unik Burung Merpati

By Putri Puspita, Rabu, 31 Mei 2017 | 21:12 WIB
Fakta unik seputar merpati. Foto: Putri Puspita | Bobo.ID (Putri Puspita)

Burung merpati adalah burung yang sering dipilih sebagai hewan peliharaan. Ada beberapa fakta unik seputar merpati yang penting untuk diketahui.

1. Dipelihara sejak dahulu

Burung merpati diketahui telah hidup berdampingan dengan manusia sejak ribuan tahun lalu. Hal ini dibuktikan dalam sebuah gambar pertama dari merpati yang ditemukan para arkeolog di Mesopotamia (Irak) yang telah ada sejak 3000 SM.

 2. Pembawa pesan

Ternyata merpati sebagai pembawa pesan bukan hanya ada di film, melainkan benar-benar terjadi. Di Suriah dan Persia, sekitar abad ke-5 SM, burung merpati digunakan sebagai pembawa pesan. Kemudian pada abad ke-12, merpati pos mulai banyak digunakan di Baghdad.

Pada saat itu pula, merpati digunakan untuk membawa hasil pertandingan olahraga besar seperti Olimpiade. Karena itulah, sampai sekarang ritual melepas merpati putih selalu dilakukan pada pembukaan Olimpiade.

Merpati juga digunakan sebagai pembawa pesan saat perang dunia untuk memberi kabar mengenai serangan musuh atau kondisi pejuang. Luar biasa ya!

3. Pupuk terbaik di dunia

Saat ini kotoran merpati dianggap sebagai sesuatu yang  berharga karena dapat menjadi pupuk terbaik di dunia.

Bahkan pada zaman dahulu, masyarakat Iran dilarang mengkonsumsi merpati karena merpati dipelihara hanya untuk memproduksi kotoran yang digunakan sebagai pupuk untuk perkebunan melon. Di Prancis dan Italia, kotoran merpati banyak digunakan untuk menyuburkan perkebunan anggur dan rami.

4. Merpati sering menganggukkan kepalanya

Merpati mempunyai sepasang mata yang berada di sisi kepala. Ia akan mengangguk-anggukkan kepalanya agar penglihatannya lebih dalam / jelas. Mata merpati bekerja jauh lebih baik pada gambar yang diam atau objek tidak bergerak. Hal ini membuat saat merpati berjalan, kepalanya terkadang masih berada di belakang atau tertinggal, kemudian akan mengangkat kepalanya ke depan dan begitu seterusnya. Kemungkinan untuk mempertajam penglihatannya