Saat Kapal Pesiar Tak Sengaja Merusak Terumbu Karang

By Syanne Ayuresta, Kamis, 8 Juni 2017 | 06:36 WIB
Sumber Foto: menlhk.go.id (Syanne Ayuresta)

Beberapa waktu yang lalu, Kapal Pesiar Caledonian Sky mengalami kandas dan merusak ekosistem terumbu karang di zona inti Raja Ampat, Papua Barat.

 

Indonesia kaya terumbu karang

Perairan Indonesia kaya dengan terumbu karang. Luas terumbu karang di Indonesia berjumlah seperdelapan dari luas terumbu karang dunia.

Kerusakan terumbu karang akibat kandasnya kapal pesiar tersebut mencapai lebih dari 18 ribu peter persegi.

Pemerintah dan pihak kapal telah mendatangi lokasi kejadian dan meminta pertanggung jawaban pihak kapal. Walaupun sudah berdamai, namun kejadian tersebut sungguh sangat merugikan lautan Indonesia. Apalagi terumbu karang tersebut terbentuk sejak ratusan tahun yang lalu.

Penyebab kerusakan

Kerusakan terjadi melalui dua sebab. Pertama, terumbu karang rusak karena beban kapal yang kandas. Kedua, terumbu karang rusak disebabkan hempasan pasir dan pecahan terumbu karang akibat pergerakan kapal saat proses kapal ditarik keluar dari lokasi kandas.

Terumbu karang pada jalur evakuasi mengalami kerusakan cukup parah, sedangkan yang lainnya mengalami kerusakan sedang.

Restorasi terumbu karang

Pada bagian yang mengalamai kerusakan sedang, pemerintah langsung melakukan restorasi terumbu karang. Tentu saja dengan perlakuan yang sangat hati-hati dan tidak menghilangkan bentuk asli terumbu karang disekitar perairan itu.

Terbentuknya terumbu karang

Karang dibentuk oleh ribuan hewan kecil yang disebut polip. Secara sederhana, karang terdiri atas satu polip yang memiliki bentuk tubuh layaknya tabung dengan mulut terletak di bagian atas dan dikelilingin oleh tentakel.