10 Museum Dinosaurus Terbaik di Dunia

By Syanne Ayuresta, Kamis, 8 Juni 2017 | 08:14 WIB
Sumber Foto: Tunturisusi.com (Syanne Ayuresta)

Dinosaurus memang sudah punah. Namun, hewan purba ini masih dapat kita saksikan lewat museum. Museum mana saja yang memamerkan dinosaurus?

1. Field Museum, Amerika Serikat

Field Museum ini terletak di Chicago, Amerika Serikat. Di sini, kita akan melihat Sue, Tyrannosaurus terbesar di dunia. Fosil tersebut merupakan kebanggaan museum, sebab Sue ditampilkan dengan tengkorak asli seberat 22 kg dengan 58 gigi. Di sana juga terdapat pameran museum yang bertema perkembangan planet.

2. Fuer Naturkunde, Jerman

Di Berlin, Jerman, ada museum dinosaurus keren bernama Fuer Naturkunde. Museum hewan purba ini, sebagian besar fosil digali dari Tanzania pada abad ke-20. Kerangka dinosaurus yang paling menarik perhatian adalah Brachiosaurus yang tingginya 12 meter

3. National Dinosaur Museum, Australia

Natioanl Dinosaur Museum merupakan tempat koleksi fosil terbesar di Canberra. Selain fosil, museum ini juga memiliki jejak kaki dan taman dengan patung dinosaurus. Selain mengagumi fosil, di museum ini kita juga bisa mengikuti acara khusus, yaitu melakukan penggalian fosil. Jika sedang di sana jangan lupa untuk mencoba dan merasakan pengalamannya.

4. Royal Belgian Institute of Natural Science, Belgia

Museum ini sudah berdiri sejak tahun 1846. Museum ini memiliki sekitar 30 fosil yang hampir lengkap dari iguanodons, dinosaurus yang hidup pada tahun 1800-an. Hewan tersebut memiliki tanduk unik. Pada 2007, museum direnovasi dan diperbesar, sehingga menjadi ruang dinosaurus terbesar di dunia.

5. Wyoming Dinasaur Center, Amerika Serikat

Di sini terdapat hewan purba terpanjang di dunia, yaitu Supersaurus sepanjang 32 meter. Museum ini juga mengkoleksi Archaepteryx, rangka Triceratops, Stegosaurus, dan Velociraptor. Seperti National Dinosaur Museum di Australia, museum ini juga menawarkan paket wisata berupa acara penggalian fosil.

6. Museum Zigong Dinosaur, China