Tengok Makanan Lebaran dari Negara Lain, Yuk!

By willa widiana, Minggu, 25 Juni 2017 | 22:48 WIB
Sheer-Khurma (willa widiana)

Beberapa hari lagi lebaran akan datang. Seperti kita tahu, makanan menjadi salah satu item “wajib” bagi setiap rumah. Bagaimana kalau kita tengok makanan lebaran di negara lain?

Kulhi Boakibaa

Gulha adalah camilan yang terbuat dari ikan, sekilas makanan ini mirip dengan bakso. Nah, kalau kulhi boakibaa, merupakan makanan utama yang terbuat dari nasi dan ikan tuna.

Kedua makanan itu berasal dari Maladewa, negara kepulauan yang memiliki pantai indah dan terkenal. Masyarakat muslim di sana biasa menyajikan kedua makanan itu saat Hari Raya Idul Fitri.

Mie la mian

Makanan yang satu ini berasal dari negeri tirai bambu. Sebenarnya, negara ini tidak memiliki makanan wajib saat lebaran tiba. Mie la mian hanya salah satu makanan yang biasa dimakan warga muslim Cina saat Idul Fitri tiba, namun tidak harus ada di setiap rumah.

O ya, di sini, perayaan Idul Fitri tidak dirayakan semerian Idul Adha.

Baklava

Mungkin Teman-teman sudah tidak asing lagi dengan penganan manis dari Turki yang bernama baklava ini.

Makanan berbahan dasar tepung ini memang menjadi hidangan wajib saat Idul Fitri tiba. Kue berlapis ini biasanya diisi dengan potongan kacang. Lalu, bagian atasnya diberikan siraman sirup madu. Selain menjadi makanan lebaran, baklava juga menjadi makanan khas untuk oleh-oleh.

Kahk

Konon, makanan lebaran dari Mesir ini sudah ditemukan sejak tahun 1540-1307 SM. Keren juga, ya, makanan ini bisa bertahan hingga sekarang.