Makanan Khas Lebaran di Indonesia

By willa widiana, Sabtu, 24 Juni 2017 | 04:32 WIB
Ketupat (willa widiana)

Akhirnya, lebaran tiba. Lebaran selalu identik dengan makanan. Makanan khas lebaran di Indonesia itu ada apa saja, ya? Kita cari tahu bersama, yuk!

Ketupat

Lebaran identik dengan ketupat. Tahukah kamu kalau ada filosofi mengenai ketupat dan hari raya lebaran?

Anyaman ketupat yang rumit itu melambangkan perjalanan hidup seseorang. Tentu dalam setiap kehidupan, kamu pernah menghadapi masalah, bukan? Memang hal yang wajar apabila kamu melakukan kesalahan.

Selain itu, tali yang tidak putus pada anyaman melambangkan pentingnya bersilahturahmi. Apabila ketupat dibelah, maka terlihat warna putih nasi yang melambangkan hati manusia yang suci dan bersih setelah saling memaafkan.

Rendang 

Rendang merupakan masakan asli Sumatera Barat dan sudah terkenal ke seluruh dunia. Rendang juga dinobatkan sebagai "The Most Balanced Food" dalam acara LA Travel & Adventure show.

Rendang memiliki ciri khas yang unik, yaitu bisa bertahan selama tiga bulan tanpa dipanaskan. Rasanya yang memang sedikit pedas ini semakin menggugah selera para penikmatnya.

Opor ayam

Opor ayam merupakan salah satu hidangan yang sangat cocok dimakan bersama ketupat. Daging ayam yang direbus dengan santan bercampur rempah-rempah khas Indonesia ini juga menjadi menu andalan yang tidak pernah ketinggalan saat lebaran.

Potongan daging ayam yang empuk berpadu dengan rasa gurih dari santan membuat hidangan ini sangat digemari, apalagi saat lebaran. Eitss... tapi opor ayam juga sering dijumpai pada hari-hari biasa kok.

Sambal goreng kentang